Upaya Positif Babinsa Koramil 06 Merbau Dalam Mencegah Karhutla

Upaya Positif Babinsa Koramil 06 Merbau Dalam Mencegah Karhutla

Porospro.com - Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis, Serda Ade D. Purba dan Praka Yudi, gencar melakukan patroli dan sosialisasi stop Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) kepada masyarakat.

Seperti diketahui bersama, sebagian besar wilayah Koramil 06/Merbau merupakan daerah rawan Karhutla. Oleh karena itu, dalam rangka mencegah terjadinya Karhutla, Babinsa rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kegiatan patroli dan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla dan mengajak mereka untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan,"ujar Praka Yudi.

Babinsa menyisir daerah-daerah yang rawan terjadi Karhutla, seperti lahan gambut kering dan perkebunan. Selain itu, Babinsa juga memberikan penekanan kepada masyarakat untuk menghindari membakar lahan, melakukan patroli dan pengawasan lebih ketat, serta tidak membuang puntung rokok di hutan.

Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan cara door to door, memberikan penyuluhan kepada kelompok tani, dan memasang spanduk-spanduk imbauan stop Karhutla.

"Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat. Mereka sangat mendukung upaya pencegahan Karhutla yang dilakukan oleh Babinsa," ungkap Serda Ade D. Purba.