Kegiatan Patroli Babinsa di Desa Dedap, Upaya Tangkal Karhutla

Kegiatan Patroli Babinsa di Desa Dedap, Upaya Tangkal Karhutla

Porospro.com - Babinsa Koramil 06/Merbau, Kopda Ricko Yuspranata dan Praka Alex, melaksanakan kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat binaan di Desa Dedap Kecamatan Tasik Putri Puyu. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya rutin untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis.

Dalam menjalankan patroli tersebut, Kopda Ricko mengajak masyarakat untuk turut serta melakukan patroli dan pengawasan lebih ketat. 

Ia juga menekankan pentingnya untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mengurangi risiko terjadinya karhutla.

Selain melakukan patroli, Babinsa juga aktif dalam melakukan sosialisasi kepada warga setempat. Mereka bersinergi dengan aparat di wilayah untuk menghimbau dan mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan antisipasi karhutla. 

"Kami berharap melalui upaya ini dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, khususnya di Desa Dedap yang merupakan wilayah binaan Koramil 06/Merbau. Upaya ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan," ujar Kopda Ricko.