TBM Pelita Negeri Belantaraya Gelar Pelatihan Pengelolaan Komunitas Penggerak Literasi

TBM Pelita Negeri Belantaraya Gelar Pelatihan Pengelolaan Komunitas Penggerak Literasi

Porospro.com - Taman Bacaan Mayaratakat (TBM) Pelita Negeri, Desa Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau bekerjasama dengan Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Komunitas Penggerak Literasi dengan mengangkat tema Membangun Masyarakat Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Produktif Melalui Literasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2024 di Aula Komplek Pendidikan Yayasan Pelita Negeri Belantaraya sebagai lembaga induk TBM Pelita Negeri. Kegiatan ini menghadirkan 20 orang peserta yang terpanggil untuk menggerakkan literasi di Desa Belantaraya.

Saat itu, tampil sebagai narasumber adalah Edi Susanto, SE., M.M yang merupakan Dosen Universitas Islam Indragiri (Unisi) Tembilahan dan penggiat pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan pelatihan pengelolaan komunitas penggerak literasi dibuka secara resmi oleh Ketua BPD Desa Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir, Suhardi.

Dalam sambutannya, Suhardi memberikan apresiasi kepada TBM Pelita Negeri atas kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan penguatan kapasitas bagi pegiat literasi dalam mengelola komunitas literasi. Saatnya komunitas literasi melakukan perubahan dari sekedar menyediakan layanan membaca, menulis atau berhitung, tetapi juga menjadi pusat pelatihan dan pemberdayaan masyarakat Desa Belantaraya semakin maju.

“Adanya TBM Pelita Negri ini diharapkan mampu memberikan solusi akan permasalahan masayarakat dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Kedepannya, semoga TBM Pelita Negri Belantaraya dapat melakukan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan potensi sumberdaya alam, sehingga masyarakat lebih produktif dalam mengembangkan potensi yang ada dan menjadi lebih bermanfaat," katanya.

Sementara itu, Ketua TBM Pelita Negeri Belantaraya, Dr. Irjus Indrawan, M.Pd.I yang dikenal juga dengan sebutan Irjus Anak Paret mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan usaha untuk belajar dan berbagi praktik baik tentang literasi dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat di Desa Beantaraya.

“Ini merupakan salah satu upaya pengelola TBM Pelita Negeri Belantaraya dalam meningkatkan kompetensi bagi pengiat literasi dalam mengelola komunitas literasi. Mari kita bersama-sama meliterasikan literasi di Desa Belantaraya," kata Irjus.

Selanjutnya, TBM Pelita Negeri Belantaraya ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, dia mengajak untuk menjadikan TBM ini sebagai wahana rekreasi literasi, wahana silatuhami dan menjadi pusat informasi masyarakat.

"Jika bapak ibu dan seluruh lapisan masyarakat memiliki buku bacaan yang layak untuk di baca oleh masyarakat dan jika ingin di donasikan, kami dari Pengurus TBM Pelita Negeri Belantaraya sangat senang hati menerimanya agar buku-buku tersebut semakin bermanfaat untuk orang banyak," tutup Dosen Unisi ini. rls