Sosialisasi Pentingnya Keamanan Pipa Minyak di Bukit Nenas oleh Babinsa

Sosialisasi Pentingnya Keamanan Pipa Minyak di Bukit Nenas oleh Babinsa

Porospro.com - Koramil 02/Bukit Kapur bekerja sama dengan SKK Migas terus memperkuat pembinaan teritorial (Binter) dalam menjaga keamanan dan kelancaran operasional pipa minyak PT Pertamina. 

Pada hari Kamis, (17/11), Serda M. Andi Darmawan bersama personel security dari Pertamina melaksanakan patroli keamanan sekaligus sosialisasi pengecekan pipa di wilayah Kecamatan Bukit Kapur. Patroli ini dilakukan untuk memastikan pipa minyak yang berada di kawasan Jl. Dumai-Duri, khususnya di Kelurahan Bukit Nenas, tetap aman dan bebas dari ancaman.

"Kami melaksanakan patroli ini sebagai bentuk dukungan terhadap keamanan objek vital nasional. Tidak hanya mengecek kondisi fisik pipa, tetapi juga memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar agar memahami pentingnya menjaga pipa minyak," ujar Babinsa Serda M. Andi Darmawan saat ditemui di lokasi.

Patroli yang dimulai dari Kilometer 29 hingga Kilometer 31 ini bertujuan untuk mendeteksi dini potensi gangguan serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait peraturan di sekitar jalur pipa minyak. 

Dalam sosialisasi tersebut, Serda M. Andi Darmawan menekankan pentingnya kesadaran warga untuk tidak mendirikan bangunan di atas zona pipa. 

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak mendirikan bangunan di sekitar pipa, karena selain membahayakan, ini juga melanggar peraturan," tegasnya.

Selain itu, dalam sosialisasi yang dilakukan, juga disampaikan larangan tegas agar tidak ada pihak yang mencoba mengebor pipa ataupun mengambil besi-besi milik Pertamina. Serda M. Andi Darmawan menegaskan, Jika ada yang nekat melakukan hal tersebut, siap-siap saja berhadapan dengan hukum. Pipa ini adalah aset negara yang harus dijaga bersama.

Tidak hanya soal pengeboran ilegal dan pencurian, himbauan juga diberikan agar masyarakat tidak membakar sampah di atas jalur pipa. Kebiasaan membakar sampah di dekat pipa minyak bisa memicu kebakaran hebat dan menimbulkan bahaya yang lebih besar. 

"Kami meminta masyarakat untuk tidak membakar sampah di atas jalur pipa. Bahayanya bisa sangat besar jika terjadi kebocoran atau api menjalar ke pipa," tambah Serda M. Andi Darmawan.

Kegiatan patroli dan sosialisasi ini diakhiri dengan pengecekan pipa secara langsung di sepanjang rute yang ditentukan. 

Kondisi jalur pipa dilaporkan dalam keadaan aman. Sinergi antara TNI dan Pertamina dalam menjaga keamanan fasilitas energi ini sangat penting demi kelancaran distribusi minyak nasional. 

"Kami bersyukur, hari ini semua dalam keadaan aman dan kondusif," tutup Serda M. Andi Darmawan.