Babinsa Ingatkan Ancaman Pidana Bagi Pembakar Lahan di Merbau

Babinsa Ingatkan Ancaman Pidana Bagi Pembakar Lahan di Merbau

Porospro.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 06/Merbau, Praka Yudi dan Pratu Hutagalung, bersama masyarakat Desa Padang Kamal, Kecamatan Pulau Merbau, melakukan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) serta patroli Karhutla. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan dini terhadap potensi kebakaran yang dapat merusak lingkungan setempat.

Dalam patroli tersebut, Babinsa bersama warga menyusuri semak belukar di sekitar desa untuk memastikan tidak ada aktivitas pembukaan lahan dengan cara dibakar. 

“Kami berharap masyarakat bersama-sama menjaga lingkungan agar bebas dari kebakaran hutan dan lahan. Patroli ini akan terus kami lakukan secara rutin,” ujar Praka Yudi, saat diwawancarai di sela-sela kegiatan.

Selain patroli fisik, Babinsa juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk lebih waspada dan proaktif dalam melaporkan tanda-tanda kebakaran kepada pihak berwenang. 

“Jangan sesekali membuka lahan dengan cara dibakar. Ini bukan hanya berbahaya, tetapi juga melanggar hukum,” tegas Pratu Hutagalung.

Kegiatan patroli dan himbauan ini rutin dilakukan untuk memastikan wilayah tugas Koramil 06/Merbau bebas dari aksi pembakaran hutan dan lahan. Masyarakat juga diajak untuk terlibat langsung dalam upaya pencegahan dengan memperketat pengawasan di sekitar lahan mereka.

“Kami mengajak masyarakat untuk sesering mungkin melakukan patroli dan pengawasan. Jika ditemukan adanya indikasi kebakaran, segera laporkan kepada Babinsa atau pihak terkait agar dapat segera diatasi,” tambah Praka Yudi.

Selain itu, Babinsa juga mengingatkan tentang ancaman pidana bagi siapa saja yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan. 

“Ada sanksi pidana yang berat bagi mereka yang terbukti melakukan pembakaran lahan. Kami harap masyarakat di Desa Padang Kamal mematuhi aturan ini,” tegasnya.

Melalui kegiatan patroli dan sosialisasi ini, Babinsa berharap dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Desa Padang Kamal. 

“Kami berharap dengan kegiatan ini, masyarakat lebih peduli dan aktif dalam menjaga lingkungan. Ini adalah tanggung jawab bersama,” tutup Pratu Hutagalung.