Malam Lebaran, DPKP Inhil Bantu Evakuasi Tawon di Rumah Warga

Malam Lebaran, DPKP Inhil Bantu Evakuasi Tawon di Rumah Warga

Porospro.com - Kinerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) patut diacungi jempol. Sebab, mereka melayani tidak pernah kenal lelah, hujan, siang ataupun malam. 

Ada panggilan darurat selalu siap siaga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kali ini, petugas penyelamat mendapat telepon dari warga Jalan Kayu Jati, Tembilahan Hulu sekitar pukul 21.30 WIB bahwa diatas pohon jambu rumah milik Reni Eka Putri ada segerombolan hewan penyengat Tawon. 

Atas informasi itu, petugas DPKP Inhil langsung menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk segera melakukan evakuasi hewan kecil itu. 

Kepala DPKP Inhil H Eddiwan Shabsy menyebutkan tawon ini hewan kecil tapi dia banyak. Yah, jika terkena sengatan (gigitan) ke badan manusia bisa menimbulkan dampak yang cukup serius. Eddiwan mengatakan dalam melakukan evakuasi Tawon tersebut petugas menurunkan satu mobil Damkar, Ambulans dan alat pelindung diri. 

"Menurut pemilik rumah, sarang tawon dipohon jambu sudah mulai membesar dan tawon mulai berterbangan kerumah warga sekitar sehingga dapat mengancam keselamatan warga," kata Eddi panggilan akrabnya, Selasa 20 Juli 2021. 

Selain itu, evakuasi tawon dipimpin Komandan Rescue Bravo Regu 2 Damkar Muhammad Fadli menjelaskan personil butuh waktu sekitar 30 menit menangkap tawon tersebut.  

"Tiba dilokasi, kami menyemprotkan terlebih dahulu cairan khusus guna mengurangi serangan dari tawon. Alhamdulillah, berkat kerja keras tim kami berhasil memasukan sarang tawon ke dalam karung yang telah kami sediakan," jelasnya. 

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh tim DPKP Inhil dan tim medis Damkar  walaupun dalam keadaan menuju kemenangan di malam hari Raya Idul Adha ini, anggota damkar selalu sigap, siap siaga  selalu membantu masyarakat yang membutuhkan," sambungnya. 

Sementara itu, pemilik rumah turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim DPKP Inhil yang telah berhasil menangkap tawon diperkarangan rumahnya. "Sangat luar biasa, saya selaku warga sangat terbantu dengan respek cepat para anggota Damkar, semoga pelayanan ini tetap berjalan," harap Reni. 

Selanjutnya, untuk masyarakat Tembilahan dan sekitarnya apabila ada hewan yang dapat mengancam segera laporkan ke DPKP Indragiri Hilir, nomor kontak Damkar 076824488. (Adv)