Akibat Pandemi, Pedagang Mie Jalanan Ubah Profesi Jadi 'Spiderman'

Rabu, 18 Agustus 2021

Roby Irawan mengenakan kostum Spiderman

Porospro.com - Namanya Roby Irawan, seorang pria kelahiran 1992 yang kini jadi objek pemandangan baru. Bagaimana tidak, warga Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ini selalu tampil berkostum Spiderman di tempat-tempat umum.

Aktivitas itu telah dilakukannya sejak setahun terakhir. Biasanya, dia joget menghibur pengguna jalan di simpang 4 lampu merah Jalan M Boya, Tembilahan. Terkadang juga di area pasar, yakni pasar-pasar di Tembilahan maupun Tembilahan Hulu.

Ternyata, keseharian tersebut merupakan cara Roby membuat konten untuk akun Youtube miliknya, yakni Risqiandra Tembilahan Riau.

Dia tidak sendiri, dalam mengoptimalkan semua konten tersebut melibatkan rekannya, Roni, yang juga asal Tembilahan.

Roby mengaku, aktivitas sebagai konten kreator tersebut sebagai kearifan baru di masa pandemi Covid-19. Sebab sebelumnya, ayah anak satu ini adalah seorang pedagang mie jalanan.

Hal itu dibeberkannya dalam Podcast channel Youtube W-Monster Official, sepekan yang lalu. Tepat pada tanggal 11 Agustus 2021.

"Awalnya saya ini pedagang mie jalanan, awalnya semangat berkarya aja, modal nekat saja. Mana tahu nanti ada nasib di dalamnya," kata Roby.

Nyatanya, rutinitas sehari-hari itu sudah membuahkan hasil. Kini, channel Youtube milik Roby sudah mencapai 3 ribu lebih Subscribe.

"Sebelum menjadi manusia spiderman ini bang, awalnya di sekolah-sekolah saja lancar jualan. Pagi turun ke SD-SD, nanti dilanjutkan lagi sekolah masuk siang, jadi nambah dua kali buat mie," terang Roby.

Tapi dikarenakan Corona, masih juga berjualan. Namun keliling ke lorong-lorong, 25 sampai 30 lorong dalam sehari satu kali buat mie aja," tambahnya.

Dengan begitu, dia berpendapat bahwa masih ada waktu luang untuk kerja lain. Contoh saja kerja bangunan, ngojek, dan lain sebagainya. Tentu saja demi menambah biaya hidup.

Apalagi rumah yang dihuninya merupakan rumah sewa. Mereka berdua, baik Roby maupun Roni, merupakan tulang punggung keluarga.

Ide konten sendiri adalah Roby sendiri. Sedangkan kostum Spiderman, menurut Roby merupakan inspirasi dari anaknya. Yang mana, anak Roby satu-satunya itu sangat menyukai kostum Spiderman.

Alhasil, ide tersebut menjadi konten yang digelutinya secara rutin yang dinilai tidak berpengaruh terhadap masa pandemi Covid-19. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas. red

Tonton videonya Klik di Sini