Kemajuan Ekonomi di Era Digital Masa Pandemi Covid-19

Kemajuan Ekonomi di Era Digital Masa Pandemi Covid-19

Penulis: Fitriani peserta LK3 Badko Riau-Kepri

Pandemi covid seperti saat ini, merupakan salah satu hal yang membuat masyarakat Indonesia merasa khawatir akan ekonomi yang mereka hadapi khususnya bagi pelaku usaha. Pelaku usaha yang sudah tidak kaget akan penurunan omzet penjualan, tidak akan mengeluh dengan kejadian yang dihadapi saat ini. Dengan adanya persaingan di dunia jual beli, maka perlu adanya penggunaan teknologi  yang saat ini semakin maju. Teknologi komunikasi tidak hanya digunakan untuk browsing, membuat status di media sosial, youtube. Namun juga dapat dimanfaatkan untuk mereka yang memiliki usaha dagang dengan menerapkan ekonomi digital. Ekonomi digital di Indonesia sudah menjadi semakin maju dan menjadi berkembang. Dengan adanya ekonomi digital, masyarakat dengan mudah untuk melakukan jual beli di market place, web, instagram, shoppe, lazada maupun di bukalapak. 

Usaha kecil dan menengah memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Tidak hanya di negara-negera berkembang seperti Indonesia, tetapi juga di negara-negara yang sudah dikategorikan maju seperti di negara Eropa, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, peran UKM sangat penting terutama sebagai sarana ketersediaan lapangan kerja bagi jumlah penduduk Indonesia di atas 200 juta penduduk. Pada era pandemi saat ini, pemerintah menyelenggarakan program bantuan untuk pelaku usaha UMKM sebagai proses dalam membangun ekonomi masyarakat. Pemerintah juga membuka program kartu prakerja, bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19 seperti pengangguran yang disebabkan oleh pengurangan karyawan maupun seseorang yang baru saja lulus dari bangku sekolah menengah atas.

Di era pandemi Covid-19 saat ini, banyak masyarakat yang merasakan dampak dari penurunan ekonomi. Salah satu hal tersebut ialah perekonomian menurun, pengangguran, pengurangan karyawan, dan putusnya sekolah karena ekonomi orang tua yang tidak mencukupi. Untuk itu, perlu adanya kemajuan yang harus mendongkrak maju usaha, pelaku usaha atau bisnis yang di jalankan.

Kemajuan ekonomi digital merupakan salah satu upaya dalam menjalankan bisnis dengan sistem penjualan, yaitu dengan melakukan sistem kerja berbasis online. 

Perkembangan teknologi yang begitu cepat hingga merasuk di seluruh kehidupan sosial masyarakat, bukan saja mengubah tatanan kehidupan sosial, budaya masyarakat, tetapi juga kehidupan politik. Era digital harus disikapi dengan serius, menguasai, dan mengendalikan peran teknologi dengan baik agar era digital membawa manfaat bagi kehidupan.