Ragam Keindahan dan Keunikan Pantai Solop

Ragam Keindahan dan Keunikan Pantai Solop

Porospro.com - Indonesia memang terkenal akan pesona laut dan pantainya. Pantai di Indonesia memang menjadi salah satu sektor wisata paling potensial, bahkan beberapa pantai di Indonesia sudah mendunia. Sebagai contoh, sebut saja pulau Bali yang keindahan pantainya sudah terkenal di seluruh dunia. 

Tak hanya pulau bali yang memiliki pantainya yang indah, Kabupaten Indragiri Hilir tentunya juga memiliki pantai yang indah nan unik,Pantai ini bernama Pantai Solop.

Pantai Solop ini terbilang unik karena pantai berpasir putih merupakan pasir yang terbentuk dari fosil hewan laut seperti kerang-kerangan dan sejenisnya serta pasir ini dikenal dengan nama pasir sirsak.

Pasir-pasir ini terbentuk melalui proses yang panjang dan terjadi akibat dari hempasan gelombang pasang. Hal ini kemudian menyebabkan pasir sirsak ini terhampar di sepanjang Pantai Solop sehingga pantai ini terlihat indah dan memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Selain itu, jika pantai pada umumnya memiliki warna air yang biru lain halnya dengan Pantai solop ini memiliki warna air keruh kecoklatan. Warna air ini bukan karna pencemaran limbah melainkan memang berasal dari laut, karna pengaruh dari pantainya yang membuat air ini berwarna kecoklatan. 

Pantai Solop juga diperkenalkan oleh mantan Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal melalui sebuah lagu Zapin. Yang mana lagu ini dikenal juga sebagai lagu pengiring senam di zaman kepemimpinan Bapak Rusli Zainal.

Selain Memberikan keindahan pasir putih, Pantai Solop  juga dapat menyajikan keindahan hutan Mangrove seluas mata memandang. Keberadaan hutan mangrove yang mengelilingi Pantai Solop merupakan hutan bakau terindah di Indonesia.

Untuk menikmati semua keindahan dan keunikan alami hutan mangrove ini, para pengunjung tidak perlu khawatir dengan membayangkan hutan mangrove pada umumnya.

Karena Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) telah menyiapkan tracking kering (jerambah) bagi wisatawan untuk menikmati hutan mangrove nan molek ini.

Dengan panjang 1.500 meter, tracking kering ini membentang persis di bawah rimbunan pohon-pohon bakau alami yang tumbuh tinggi menjulang.

Takhanya itu Wisatawan juga bisa merasakan sensasi berburu hewan laut seperti, mencari lokan jenis mollusca yang kulit dan dagingnya lebih besar dari kerang dara di lopak antara rerumpunan batang piyai dan menangkap kepiting bakau (ketam), atau juga disebut mangrove crab, mud crad.

Pantai Solop  berada di bagian timur Pulau Sumatera tepatnya di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Untuk perjalanan menuju Pantai Solop sekitar 75 menit menggunakan speedboat dari Tembilahan, ibukota Kabupaten Indragiri Hilir. (Advertorial)