Socialpreneur Challenge

Tugas Kampus Mahasiswa UNISI Bantu Pulihkan UMKM hingga Pemberian Award

Tugas Kampus Mahasiswa UNISI Bantu Pulihkan UMKM hingga Pemberian Award

Porospro.com - Tiga dosen Universitas Islam Indragiri (Unisi) Tembilahan, Raju Maulana, Widyawati dan Muchlis berkolaborasi membuat tugas untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2020.

Tugas tersebut diberi nama socialpreneur challenge. Dalam tugas ini para mahasiswa dibagi menjadi lima kelompok gabungn dari empat kelas.

Para mahasiswa ditugaskan mencari usaha-usaha masyarakat yang sedang down akibat pandemi Covid-19 dengan kriteria yang telah ditentukan hingga sampai terpilihlah lima objek usaha yang pantas dan layak untuk dibantu.

Selama satu sementer, para mahasiswa dituntut untuk meningkatkan kembali usaha tersebut dengan cara merenovasi tempat usaha.

Selanjutnya membuat tampilan lebih menarik, menambah permodalan, promosi sampai pemahaman literasi keuangan. Sehingga ending yg diharapkan peningkatan omset.

Acara Socialpreneur Awards menjadi puncak dari program tersebut yang digelar di Bual Bual Cafe, Jalan Batang Tuaka Tembilahan, Jumat (01/07/2022) malam. Para mahasiswa bekerjasama dengan HMJM.

Pada malam Socialpreneur Awards ini beberapa katagori penghargaan dianugerahkan. Seperti pengusaha muda tersosial, tokoh wanita tersosial yang nominasinya dipilih dari luar kampus.

Selain itu juga ada penghargaan untuk dosen kreatif dan inovatif. Dan yang tak kalah penting kelompok kelompok yang memenangkan beberapa kategori penghargaan seperti video terbaik, omzet terbaik, tim terbaik, branding terbaik, performance terbaik dan best of the best.

Ketua program studi Manajemen dan dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan Raju Maulana berharap kegiatan tersebut dapat melatih mahasiswa menjadi the real entrepreneur.

"Yaitu entrepreneur yang tidak hanya mengejar manfaat secara pribadi tapi juga memberi manfaat untuk orang lain dan lingkungan," ujar Raju.

Pengurus BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Inhil itu menambahkan pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya.

"Saya berharap kegiatan ini bisa berlanjut setiap tahun nya dan tentunya ada pihak-pihak eksternal yang bisa ikut andil membantu dalam pembinaan UMKM melalui kegiatan socialpreneur ini," pungkas Raju.

Empat dosen UNISI yang menerima penghargaan dosen kreatif dan inovatif yaitu Zainal Arifin,SE.,ME, Raju maulana,SE.,MM, Widyawati,SE.,MM dan Muchlis,SE.,MM.

Kaprodi manajemen FEB UNISI, Raju Maulana dianugerahi penghargaan sebagai Penggerak UMKM binaan FEB UNISI. Sedangkan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Zainal Arifin SE ME dianugerahi penghargaan sebagai Pelopor Digital Marketing Promosi FEB UNISI.

Inhilklik.com