Festival Sampan Selodang Kecamatan Gaung, Khazanah Budaya yang Masih Dipertahankan

Festival Sampan Selodang Kecamatan Gaung, Khazanah Budaya yang Masih Dipertahankan

Porospro.com - Setiap daerah memiliki tradisi masing-masing yang unik. Tradisi itu sendiri tentunya memiliki nilai budaya sebagai ciri khas dan lambang suatu daerah.

Indragiri Hilir yang kaya akan budaya, memiliki tradisi khas di setiap daerah di dalamnya, seperti salah satunya tradisi pacu Sampan Selodang di Kecamatan Gaung. 

Festival pacu Sampan Selodang merupakan suatu kegiatan yang menjadi tradisi masyarakat gaung dalam memperingati hari ulang tahun Kecamatan Gaung yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Festival pacu sampan selodang sudah dilaksanakan sejak belasan tahun. Jumlah peserta yang mengikuti perlombaan ini setiap tahunnya cukup ramai yang berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Inhil. 

 Kegiatan pacu sampan selodang sudah menjadi event wisata tingkat Kabupaten Inhil.

 Selodang sendiri diambil dari Selodang kelapa yang mirip dengan sampan selodang.

Sampan selodang merupakan wisata budaya yang diangkat dari tradisi lokal masyarakat Gaung yang memiliki kebiasaan berdayung sampan karna sampan telah menjadi alat transportasi pada masyarakat Kecamatan Gaung.

Hingga saat ini Pacu Sampan Selodang telah menjadi ajang perlombaan setiap tahunnya, dengan tujuan agar khasanah budaya yang ada sejak turun-temurun dahulu tidak hilang seiring kemajuan perkembangan zaman. (Advertorial)

Penulis: Adriah