Dinas P2KBP3A Inhil Bersama Pramuka Cabang Inhil Akan Segera Bentuk Saka Kencana

Dinas P2KBP3A Inhil Bersama Pramuka Cabang Inhil Akan Segera Bentuk Saka Kencana

Porospro.com, - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir Laksanakan Pertemuan dan Edukasi Program Saka Kencana Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2022, Tembilahan Kamis, (21/11/22).

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Laksanakan Pertemuan dan Edukasi Program Saka Kencana sekaligus Merencanakan Pembentukan Saka Kencana di Kabupaten Indragiri Hilir.

Adapun memateri dalam Pertemuan dan Edukasi Program Saka Kencana sekaligus Merencanakan Pembentukan Saka Kencana di Kabupaten Indragiri Hilir, Andalan Kwartir Daerah Riau Hendro dan Atin, Pelatih Kwartir Cabang Indragiri Hilir Ase'.S.Ag
,Kabid Kependudukan Dinas P2KBP3A  Bowo dan BKKBN provinsi Riau, Ermayani, Penata kependudukan dan keluarga berencana ahli madya pkkbn provinsi Riau dan Dihadiri oleh andalan cabang Indragiri hilir, andalan ranting tembilahan, dan andalan ranting tembilahan hulu.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), R. ARLIANSAH, S. Si, ME menyebutkan ada pun tujuan kegiatan ini ialah mewujudkan visi dan misi DP2KBP3A melalui Saka Kencana terutama misi dari Keluarga Berencana (KB) Nasional.

“Saka Kencana adalah wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat. Maka melalui kader inilah selaku perpanjangan tangan dari DP2KBP3A,” Ujar R. ARLIANSAH, S. Si, ME Selaku Kepala Dinas P2KBP3A Inhil.

Lebih lanjut Kepala Dinas DP2KBP3A mengharapkan dengan adanya tenaga kader dan orientasi yang telah dilaksanakan peserta, dapat memahami dan menghindari masalah-masalah kependudukan sedini mungkin serta dapat berbagi informasi kepada keluarga beserta lingkungannya.

Lebih lanjut, ia juga berharap Agar Program Saka kencana ini bisa secepatnya Terlaksana.

Dalam waktu yang sama, Ermayani, Penata kependudukan dan keluarga berencana ahli madya pkkbn provinsi Riau Menjelaskan, bahwasanya Kegiatan ini merupakan sosialisasi pendidikan kependudukan jalar informal dimana untuk kegiatan pendidikan kependudukan ini di laksanakan melalui dua kegiatan yang pertama itu adalah kegiatan melalui aparatur sipil peduli kependudukan yang kedua adalah melalui peramuka.

Lanjutnya, yang menjadi titip pertemuan kita fokuskan hari ini adalah jalan pendidikan kependudukan non Formal melalui Keperamukaan.

"Untuk subtansi materi kependudukan diharapkan nantik bisa di sampaikan dalam setiap kegiatan kepramukaan yang ada sehingga masing-masing kegiatan yang ada  dalam Keperamukaan itu bisa mengerti terkait tentang isu isu kependudukan yang sedang ada di provinsi Riau khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir ini",Tungkasnya.

Pada kegiatan ini di harapkan dapat menindaklanjuti untuk penyusunan struktur kepengurusan saka kencana ini, yang tentu di adaptasi sesuai dengan kepengurusan saka kencana yang ada di tinggal Provinsi Riau.

"Saya berharap ini dapat di tindak lanjuti sehingga kedepannya akan ada kegiatan-kegiatan yang dapat di laksanakan dalam rangka meningkatkan isu kependudukan melalui program- program kegiatan yang ada di Pramuka",Tutupnya.