Asisten II Buka Sosialisasi Rencana Umum Pengadaan Barang dan Jasa

Asisten II Buka Sosialisasi Rencana Umum Pengadaan Barang dan Jasa

Porospro.com - Asisten ll Ikramsyah mengatakan Kegiatan sosialisasi ini adalah salah satu strategi pengadaan untuk mendapatkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dengan memberdayakan UMKM lokal sesuai prinsip-prinsip pengadaan barang jasa yaitu efektif, efisien, bersaing, transparan, terbuka dan akuntabel serta memberi kemudahan dan kualitas pelayanan prima kepada stakeholders. 

Hal tersebut disampaikan Asisten II  Drs. Ikramsyah Putra Nasution, MM., saat  membuka kegiatan Sosialisasi Rencana Umum Pengadaan (RUP) Business Matching, Konsolidasi Pengadaan dan Transaksi E-Katalog Lokal Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Kamis (19/1/2023). 

"Keuntungan dari penggunaan E-Katalog Lokal, Toko daring yaitu cepat mudah praktis transparan serta terdata dalam sistem elektronik," jelasnya. 

Ditambahkan Ikramsyah,  penataan pengadaan barang jasa sesuai amanat rencana Strategi Nasional Pencegahan Korupsi memanfaatkan teknologi olah data agar lebih cepat memonitor nilai realisasi dan transaksi real time.  Dengan teknologi real time akan memudahkan memantau perangkat daerah mana saja yang belum mencapai target, bagi yang masih rendah segera diberikan peringatan. 

"Kemudian Ditegaskan pada seluruh perangkat daerah untuk memprioritaskan pembelian produk umkm yang memenuhi syarat dalam e-katalog serta melibatkan UMKm untuk memenuhi supply chain," ucapnya. 

Menutup arahannya Ikramsyah berpesan kepada Kepala OPD agar memastikan penggunaan aplikasi digital E-Katalog Lokal dalam kegiatan pengadaan dan belanja di OPD masing-masing.

Sementara itu Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Labuhanbatu Hendra Efendi Hutajulu ST., M.Si., mengatakan sosialisasi RUP, Business Matching, Konsolidasi Pengadaan dan Transaksi E-Katalog Lokal Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu adalah untuk mendorong percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa Anggaran 2023 di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu yang bertujuan untuk pemenuhan nilai manfaat belanja pengadaan yang sebesar besarnya sehingga berkontribusi dalam percepatan pemulihan perekonomian nasional dan daerah. 

"Sosialisasi ini juga bertujuan untuk mempertemukan dan memfasilitasi pelaku usaha dalam memperkenalkan produknya serta potensi belanja pengadaan barang jasa OPD Kabupaten Labuhanbatu," ucapnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Business Matching, Rencana Umum Pengadaan dan Konsolidasi Pengadaan, Penyusunan Dokumen Persiapan Pengadaan, Transaksi E-Katalog Lokal Pengadaan Barang dan Jasa,  Sesi tanya jawab, dan pengisian aplikasi SIRUP. 

Turut hadir dalam kegiatan ini beberapa kepala OPD, beberapa Camat, para PPK dan pejabat pengadaan di tiap OPD, dan undangan lainnya.(RS)