Panen Cengkeh Di Kabupaten Natuna Khususnya Di Kecamatan Bunguran Barat Sedanau Sangat-sangat Membantu Untuk Perekonomian Dan Untuk Persiapan Bulan Suci Ramadhan

Panen Cengkeh Di Kabupaten Natuna Khususnya Di Kecamatan Bunguran Barat Sedanau Sangat-sangat Membantu Untuk Perekonomian Dan Untuk Persiapan Bulan Suci Ramadhan

Porospro.com, Natuna_ Masyarakat Sedanau, kecamatan bunguran barat sangat terbantu sekali untuk perekonomian dan menyambut bulan suci Ramadhan yang tak lama lagi, Sabtu (11/3/2023).

"Dengan keadaan yang sangat sulit sekarang ini, masyarakat di berbagai penjuru di natuna ini berbondong-bondong untuk mencari rezeki selama panen cengkeh".

Tak lama lagi bulan Ramadhan (puasa), jadi kami butuh persiaapan uang untuk belanja berbuka dan lain-lain, ucap ibuk-ibuk yang lagi mencari cengkeh yang sudah jatuh dari pohon.

Karena gak sanggup memanjat pohon cengkeh, ya kami mengambil cengkeh jatuh aja, lumayan lah karena harga cengkeh yang tak di kerungkan sekilo mencapai 30 ribu, kalau cengkeh yang sudah di keringkan (di jemur) harganya lebih tinggi lagi sekitaran 105 ribu untuk saat ini, harga bisa naik dan bisa turun.

"Lumayan lah pak, untuk menambah pemasukan untuk keluarga selama musim cengkeh ini,ucap ibuk-ibuk yang lagi mencari cengkeh jatuh.

Untuk laki-laki mereka mengambil upah panjat, cengkeh yang di ambil langsung sama tangkai nya, hitungan nya berbeda sekilonya 10 ribu, sehari bisa dapat 30 kilo atau lebih tergantung pada lebat atau tidak nya satu pohon cengkeh.

Kebanyakan yang punya Kebun Cengkeh di sedanau ini rata-rata mencapai puluhan sampai ratusan pohon cengkeh, jadi kalau untuk habis masa panen nya bisa mencapai 3 sampai 4 bulan baru selesai di panen.

"Panen cengkeh ini membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu 3 sampai 4 tahun baru panen lagi".

Harapan Mereka Kedepanya, Semoga Panen kedepan nya bisa lebih banyak lagi dari yang sekarang dan setiap daerah di natuna yang ada pohon cengkeh semuanya berbuah lebat dan harga cengkeh pun semakin meningkat tinggi. (eko)