Dinkes Inhil Screning TBC Warga Binaan Lapas Tembilahan

Dinkes Inhil Screning TBC Warga Binaan Lapas Tembilahan

Porospro.com, - Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan penyuluhan dan screning kesehatan bagi Warga Binaan Lapas Kelas II A Tembilahan, Selasa (14/02/23).

Turut Hadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri, SKM, MKl, Kabid P2P Devi Natalia, Kalapas Tembilahan Hari Winarca, Ketua Yayasan Puri Harapan Indragiri, Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Gajah Mada Tembilahan dan puluhan warga binaan Lapas Tembilahan.

Dalam sambutannya, Kalapas Tembilahan, Hari Winarca mengucapkan terima kasih kepada Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir yang telah mau melaksanakan screning kesehatan bagi warga binaan, dalam rangka hari Tuberkulosis sedunia.

Lanjutnya, Saya harapkan warga binaan tetap menjaga kesehatan, menjaga lingkungan agar tidak ada penyakit yang menyerang warga binaan. 

Tetap menjaga kesehatan, sampaikan apa bila ada penyakit, seperti penyakit menular 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri menjelaskan kegiatan kesehatan kali ini dimaksud untuk melakukan monitoring dan screning TBC kesehatan warga binaan.

"Kalau ada warga binaan yang teridentifikasi TBC kita sudah ada perpanjangan tangan klinik kesehatan di Lapas Kelas II ada dokter, perawat dan tenaga kesehatan yang bisa menindak lanjuti hal ini," ungkap Kadis

Lanjutnya lagi dalam memperingati hari Tuberkulosis Sedunia, Rahmi Indrasuri, SKM, MKl menghimbau masyarakat untuk memulai menjaga pola hidup bersih baik itu dari diri sendiri dan keluarga hingga lingkungan masyarakat agar terhindar dari TBC. 

"Tentunya memulai hidup bersih bagi diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat, seperti tidak merokok," jelasnya

Lanjut Kadiskes Inhil, Rahmi Indrasuri, pencegahan TBC dapat dilakukan dengan cara : 

1. menghindari kontak dengan pasien TB

2. Melakukan pemeriksaan apabila di rasa mempunyai gejala atau pernah kontak dengan pasien TB

3. Menjaga pola hidup bersih dan sehat 

4. Segera memeriksakan ke layanan kesehatan apabila batuk sudah 2 minggu tidak sembuh.

Dan tak kalah penting pemberian Imunisis BCG pada bayi yang wajib dilakukan. Tentunya dalam pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah ditegaskan Kadiskes, semua layanan dan obat gratis. 

"Semua layanan dan obat gratis di fasyankes milik pemerintah di kabupaten Indragiri Hilir," pungkasnya