Tingkatkan Daya Saing UMKM Pangan Olahan

30 Pelaku UMKM Ikuti Bimtek Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Digelar Loka POM Di Kota Dumai

30 Pelaku UMKM Ikuti Bimtek Penerapan Cara  Produksi Pangan Olahan yang Digelar Loka POM Di Kota Dumai
Loka Pom di Kota Dumai Gelar Bimtek Pangan Olahan

Porospro.com, Dumai - Guna meningkatkan daya saing UMKM Pangan Olahan serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), Loka POM di Kota Dumai menyelenggarakan kegiatan Bimtek Penerapan CPPOB di UMK Pangan Olahan selama 3 hari (14/03 -16/03) secara hybrid. Kegiatan daring dilaksanakan selama 2 hari (14/03 – 15/03) melalui zoom meeting dan dilanjutkan secara luring di Hotel Patra Dumai (16/03).

Kegiatan yang dihadiri oleh 30 peserta pelaku usaha pangan yang berasal dari Kota Dumai dan Kab. Bengkalis ini dibuka oleh Kepala Loka POM di Kota Dumai, Ully Mandasari, S.Farm., Apt., M.H.

Dalam sambutannya, Ully menyampaikan bahwa hingga saat ini untuk wilayah Dumai dan Kab. Bengkalis sudah terbit 89 nomor izin edar pangan dimana 60 diantaranya merupakan nomor izin edar produk UMKM.

“Kegiatan bimtek ini merupakan salah satu bentuk pembinaan kepada UMKM pangan dalam memenuhi standar Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) sehingga persyaratan keamanan dan mutu produk pangan terpenuhi yang dapat meningkatkan daya saing UMKM”, ujar Ully.

Dalam kesempatan ini, Syahrinaldi, S.Sos., M.Si selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Dumai dan Sepranef Syamsir, AP selaku Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian (Diskopukmperin) Kota Dumai turut hadir dan melakukan dialog interaktif dengan pelaku usaha UMK pangan olahan. Pemerintah Kota Dumai siap mendukung pelaku usaha UMK Dumai agar dapat meningkatkan daya saing produk.

Selama kegiatan, narasumber dari Loka POM di Kota Dumai yaitu Ertha Sastha Silitonga, S.Farm., Apt; Shinta Alicia Sihombing, S.Farm., Apt; dan Fransiska Vony Wicheisa Manihuruk, S.K.M memaparkan materi tentang Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik bagi pelaku Usaha UMK Pangan dan Registrasi Akun dan Produk melalui sistem E-REG RBA.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini disambut antusias oleh peserta pelaku usaha yang hadir. Salah satu peserta yang hadir yaitu  Hannie Erawati dari pelaku usaha minuman.

“Ilmu yang diberikan luar biasa, sesuatu yang baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Kami berharap ada sesi selanjutnya yang dapat menambah pengetahuan kami dibidang pangan untuk meningkatkan kualits dan daya saing produk kami,” katanya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi pelaku usaha untuk mendapatkan fasilitasi dan pendampingan dari Loka POM di Kota Dumai sehingga kehadiran Badan POM, khususnya Loka POM di Kota Dumai dapat meningkatkan semangat pelaku UMKM dalam berkarya dan memproduksi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi.