Meningkatkan Ketersediaan Data dan Informasi Kesehatan Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pemuktahiran dan Analisa Data Profil 2023

Meningkatkan Ketersediaan Data dan Informasi Kesehatan Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pemuktahiran dan Analisa Data Profil 2023

Porospro.com, - Meningkatkan Ketersediaan Data dan Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menggelar kegiatan Pertemuan Pemuktahiran dan Analisa Data Profil dengan Kepala Pembantu Puskesmas dan Pengolah Data Profil Puskesmas Se-Kabupaten Inhil di Hotel Arista Tembilahan, Kamis (16/03/2023).

Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Inhil Rahmi Indrasuri yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Inhil yakni Wanhar, menjelaskan bahwa ketersediaan data dan informasi yang lengkap sangat memegang peranan penting didalam menunjang pelaksanaan maupun keberhasilan pembangunan kesehatan.

“Data, Informasi yang lengkap dan benar serta tepat waktu adalah sumber daya atau kekuatan yang sangat strategis bagi pimpinan semua organisasi bidang kesehatan. Dengan data dan informasi Pimpinan bisa membuat keputusan dan juga menyusun rencana untuk mengatasi suatu masalah yang ditemukan,” Ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Wanhar dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Rahmi Indrasuri.

Lanjutnya, tujuan kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan ketersediaan data dan informasi Kesehatan yang dikemas dalam profil Kesehatan.

“Melalui pertemuan yang dihadiri Kasubag Tata Usaha dan Petugas Pengolah data profil puskesmas kita minta untuk peserta bisa mengikuti kegiatan dengan baik sehingga ilmu yang didapatkan bisa dijadikan pedoman dalam penyusunan profil kesehatan tingkat puskesmas,” Ujarnya Wanhar selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Inhil.

Terakhir, Kepala Dinas Kesehatan Rahmi Indrasuri melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Wanhar berharap kepada pengelola program dinas kesehatan selalu melaporkan profil kesehatan Inhil setia awal tahun.

“Saya harap pengelola program Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil untuk selalu melaporkan terkait data profil Kesehatan setiap awal tahun kepada bagian Perencanaan agar data tersebut dapat secepatnya diolah untuk menjadi Profil kesehatan Kabupaten,” Harapnya. (Safar)