Serda Edi Saputra Laksanakan Komsos Cegah Karhutla

Serda Edi Saputra Laksanakan Komsos Cegah Karhutla

Porospro.com - Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis, Serda Edi Saputra, memimpin patroli rutin guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya. Patroli ini diikuti oleh rekan Babinsa dan masyarakat.

Dalam patroli tersebut, Serda Edi Saputra mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan patroli dan pengawasan lebih ketat, serta menghindari membuka lahan dengan cara membakar.

"Wilayah yang masih banyak lahan kosong, semak belukar, dan bergambut kering merupakan wilayah yang rentan terjadi karhutla," Katanya.

Babinsa juga rutin bersinergi dengan aparat di wilayah untuk menghimbau dan mengajak masyarakat agar melakukan pencegahan dan antisipasi apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Patroli dan komunikasi sosial (komsos) seperti ini sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya karhutla yang dapat membahayakan lingkungan dan juga dapat merusak kesehatan masyarakat.

"Patroli dan komsos rutin dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis untuk memastikan wilayahnya aman dari kebakaran hutan dan lahan," Jelas Babinsa.

Kegiatan patroli dan komsos kali ini diadakan di Pangkalan Balai, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis berharap melalui kegiatan patroli dan komsos ini, masyarakat dapat lebih sadar akan bahaya kebakaran hutan dan lahan serta dapat berpartisipasi aktif dalam mencegah terjadinya karhutla.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitarnya dari bahaya karhutla," Tuturnya.