RS Rujukan hingga Jalan yang Ditutup Ditampilkan Waze

RS Rujukan hingga Jalan yang Ditutup Ditampilkan Waze

Porospro.com - Platform peta digital Waze mengungkap data bahwa di seluruh dunia, sebagian besar negara telah secara drastis berhenti berkendara.

Secara global, kilometer berkendara pengguna Waze turun 60 persen dibandingkan dengan rata-rata harian pada Februari selama periode dua pekan (11-25 Februari 2020) akibat dari pandemi Covid-19.

Sejalan dengan tren global ini, juga akibat dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB) di beberapa wilayah, tren berkendara pengguna Waze di Indonesia rata-rata menjadi 71 persen kilometer lebih rendah.

Meskipun secara keseluruhan terdapat penurunan jumlah orang yang berkendara, namun tetap ada perjalanan penting yang harus dilakukan seperti membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Oleh karena itu, Waze berpendapat bahwa datanya dapat membantu para pengguna merencanakan perjalanan mereka dengan lebih efektif.

Juga menanggapi wabah Covid-19 yang terjadi di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, Waze menggerakkan seluruh komunitas dan jaringan mitranya melalui Komunitas Relawan, program Waze for Cities dan seterusnya untuk mendukung penanggulangan krisis tersebut.

Untuk mendukung hal ini, Map Editor Waze dan tim Crisis Response Waze saat ini bekerja sama dengan 58 negara (dan terus bertambah) untuk menambahkan informasi secara spesifik per wilayah ke dalam peta Waze yang di antaranya adalah penutupan jalan, zona merah dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, Waze telah menambahkan lebih dari 130 Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 pada peta. Pengguna Waze sekarang juga dapat menemukan rumah sakit rujukan terdekat dengan mengetik beberapa kata kunci seperti COVID, Covid, coronavirus, corona virus dan rumah sakit corona di kolom pencarian tujuan.

Selain itu, Waze juga telah meluncurkan Covid-19 Landing Page yang bekerja sama dengan pemerintah di seluruh dunia untuk berkontribusi dalam memberikan data lokasi pusat pengujian medis dan pusat distribusi makanan darurat, agar dapat membantu meningkatkan peta bagi para pengguna.

Setelah data diterima, Waze akan melakukan validasi dan menambahkan perinciannya ke peta, kemudian menginformasikannya kepada para pengemudi.

Inisiatif lain yang telah diluncurkan secara cepat oleh Waze adalah fitur baru pin location personalities dan pencarian, yaitu informasi fasilitas drive-through dan pick-up untuk membantu para pengguna mendapatkan berbagai produk dari mitra Waze, seperti makanan dan hal-hal penting lainnya, sehingga dapat meminimalisir kontak bertemu dan tetap mematuhi pedoman social distancing.

Para bisnis atau merek yang perlu memperbarui informasi mereka juga dapat melakukannya dalam beberapa langkah sederhana atau menghubungi tim layanan Waze untuk bantuan.

Sumber: Jawapos.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar