Pengantisipasian PMK, Sertu Mahyudin Laksanakan Patroli dan Sosialisasi

Pengantisipasian PMK, Sertu Mahyudin Laksanakan Patroli dan Sosialisasi

Porospro.com - Babinsa Koramil 01/Dumai, Sertu Mahyudin, melaksanakan sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RT 04, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Selasa (14/11).

Dalam sosialisasi tersebut, Sertu Mahyudin menjelaskan tentang ciri-ciri PMK, cara pencegahan, dan pengobatannya. Ia juga mengingatkan agar para peternak menjaga kebersihan kandang dan ternaknya.

"PMK merupakan penyakit menular yang dapat menyerang hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Penyakit ini ditandai dengan demam, luka di mulut dan kuku, serta produksi susu yang menurun," kata Sertu Mahyudin.

Sertu Mahyudin juga menjelaskan bahwa PMK dapat dicegah dengan cara, Menjaga kebersihan kandang dan ternak, Melakukan vaksinasi, Membatasi mobilitas ternak, Memantau kesehatan ternak secara rutin.

"Jika ada ternak yang menunjukkan gejala PMK, segera laporkan kepada petugas kesehatan hewan," ujar Sertu Mahyudin.

Pemilik ternak di RT 04, Sani, mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Babinsa. Ia mengaku mendapatkan banyak informasi baru tentang PMK.

"Saya senang bisa mengikuti sosialisasi ini. Saya jadi tahu lebih banyak tentang PMK dan cara pencegahannya," kata Sani.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para peternak tentang pentingnya pencegahan PMK. Dengan demikian, dapat mencegah penyebaran PMK di wilayah Dumai.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar