Flashback Gemuruh Sorak Penonton Pacu Sampan Leper

Flashback Gemuruh Sorak Penonton Pacu Sampan Leper

Porospro.com - Tembilahan Kab.Indragiri Hilir (Inhil) atau biasa disebut Negri Seribu Parit tepatnya di Sungai Luar Kec.Batang Tuaka dalam setiap tahunnya akan menyelenggarakan pacu sampan leper dimana pada kesempatan ini seluruh masyarakat Inhil dapat ikut serta dalam perlombaan tersebut.

Pacu sampan leper ini biasa di selenggarakan di tepi pantai sungai luar dimana pada keadaan tertentu air sungai mulai menyusut sehingga nampaklah permukaan lumpur  yang siap menjadi jalur dalam lomba pacu sampan leper.

Saat pacu sampan leper sedang berlangsung seketika itu juga jembatan sungai luar atau yang dikenal jembatan getek dipenuhi dengan penonton.Penonton sangat antusias dan bersemangat menyaksikan lomba tersebut.

Pacu sampan leper juga seringkali membuat jalanan menjadi macet khususnya di area perlombaat tersebut .
pacu sampan leper ini menggunakan sampan atau perahu yang didayung dengan sekuat tenaga agar segera mencapau finish.

Sampan leper  tidak hanya digunakan masyarakat Inhil untuk mengikuti lomba saja tetapi sampan leper juga bisa digunakan masyarakat untuk bekerja misalnya ; Nelayan dan sebagainya.

Sampan leper ini didesain dengan sedemikian rupa dengan berbahan dasar kayu ,tentunya kayu yang menjadi pilihan pun tentulah kayu yang terbaik dan cocok untuk dijadikan sampan atau perahu seperti; jati (Tectona grandis), kempas (Koompassia malaccensis), dan ulin (Eusideroxylon zwageri).

Pembuatan sampan atau perahu ini biasanya memakan waktu yang cukup lama saat proses pembuatan harus lebih memperhatikan ketahanan serta kekuatan guna agar ketika sampan atau perahu ini siap digunakan kita bisa menggunakannya dengan nyaman dan aman. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar