Meminimalisir Dampak PMK, Sertu Nono Lakukan Penyuluhan

Meminimalisir Dampak PMK, Sertu Nono Lakukan Penyuluhan

Porospro.com - Babinsa Koramil 01/Dumai, Kodim 0320/Dumai, Sertu Nono.S melaksanakan sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RT 06, Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Rabu (29/11/2023).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di kandang milik Sucipto, salah satu peternak sapi di RT 06. Dalam sosialisasi tersebut, Sertu Nono.S menyampaikan bahwa PMK merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku genap, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi.

Sertu Nono.S juga menyampaikan bahwa ciri-ciri hewan yang terserang PMK adalah demam tinggi, keluar lendir berlebihan dari mulut dan hidung, luka pada mulut dan lidah, kuku terlepas, dan penurunan nafsu makan.

Untuk mencegah penyebaran PMK, Sertu Nono.S mengingatkan agar para peternak menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya. Hewan ternak juga harus dipisahkan dari hewan lain yang tidak diketahui kesehatannya.

"Selain itu, peternak juga harus rutin memeriksa kesehatan hewan ternaknya," kata Sertu Nono.S.

Sucipto, pemilik kandang, menyambut baik sosialisasi yang dilaksanakan oleh Babinsa. Ia mengaku akan mengikuti saran-saran yang disampaikan oleh Babinsa agar ternaknya tetap sehat dan terhindar dari PMK.

"Saya akan menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya, serta rutin memeriksa kesehatan hewan ternak saya," kata Sucipto.

Sosialisasi PMK yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 01/Dumai merupakan upaya untuk mencegah penyebaran PMK di Kota Dumai.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar