Serda SMP Sinaga Berikan Pemahaman Bahaya PMK Kepada Peternak

Serda SMP Sinaga Berikan Pemahaman Bahaya PMK Kepada Peternak

Porospro.com - Koramil 01/Dumai - Kodim 0320/Dumai melaksanakan sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jalan Galon, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Minggu (3/12/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Babinsa Kelurahan Buluh Kasap, Serda SMP Sinaga, dengan sasaran peternak sapi di wilayah tersebut.

Dalam sosialisasinya, Serda SMP Sinaga menyampaikan gejala-gejala PMK, cara pencegahan, dan penanganannya. Ia juga mengingatkan agar para peternak menjaga kebersihan kandang dan ternaknya agar terhindar dari PMK.

"PMK adalah penyakit menular yang menyerang hewan berkuku genap, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Gejalanya antara lain demam, keluar air liur berlebihan, lepuh pada mulut dan kuku, dan nafsu makan menurun," kata Serda SMP Sinaga.

Untuk itu, Serda SMP Sinaga meminta kepada masyarakat agar selalu memperhatikan kebersihan kandang mereka, dan jika perlu diberikan disinfektan.

"Untuk mencegah PMK, kita harus menjaga kebersihan kandang dan ternak. Kandang harus rutin dibersihkan dan diberi disinfektan. Ternak juga harus dipisahkan dari hewan lain yang sakit," tambahnya.

Pemilik ternak, Nasrul, menyambut baik sosialisasi tersebut. Ia mengaku akan menerapkan apa yang disampaikan oleh Babinsa agar ternaknya terhindar dari PMK.

"Saya akan menjaga kebersihan kandang dan ternak saya. Saya juga akan segera melaporkan jika ada ternak saya yang menunjukkan gejala PMK," Ujar Nasrul.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya peternak, untuk mencegah penyebaran PMK.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar