Di Peternakan Heri, Serma Fahrizal Purba Berikan Edukasi Terkait Pencegahan PMK

Di Peternakan Heri, Serma Fahrizal Purba Berikan Edukasi Terkait Pencegahan PMK

Porospro.com - Babinsa Koramil 01/Dumai - Kodim 0320/Dumai, Serma Fahrizal Purba, melaksanakan sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di peternakan milik Heri di Jalan Saudara RT 11 Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan, Kamis (7/12).

Dalam sosialisasi tersebut, Serma Fahrizal Purba menyampaikan kepada Heri, selaku pemilik peternakan, tentang ciri-ciri dan gejala PMK. Ia juga menjelaskan cara pencegahan PMK, salah satunya dengan menjaga kebersihan kandang dan ternak.

"PMK merupakan penyakit menular yang menyerang ternak ruminansia, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Gejala PMK di antaranya demam tinggi, keluar lendir dari mulut dan hidung, luka di mulut dan lidah, serta kuku terlepas," kata Serma Fahrizal Purba.

Ia juga menambahkan bahwa PMK dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kandang dan ternak. Kandang harus dibersihkan secara rutin, dan ternak harus diberi makan dan minum yang bersih.

"Jika ada ternak yang menunjukkan gejala PMK, segera hubungi petugas kesehatan hewan," Ujarnya.

Heri, selaku pemilik peternakan, menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Babinsa. Ia mengaku akan mengikuti saran dan imbauan dari Babinsa untuk menjaga kebersihan kandang dan ternaknya.

"Saya akan selalu menjaga kebersihan kandang dan ternak saya. Saya juga akan segera menghubungi petugas kesehatan hewan jika ada ternak saya yang menunjukkan gejala PMK," Sampainya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar