Pemantauan Terhadap Hewan Ternak Dilakukan Oleh Sertu Sareh Guna Cegah PMK

Pemantauan Terhadap Hewan Ternak Dilakukan Oleh Sertu Sareh Guna Cegah PMK

Porospro.com - Babinsa Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Koramil 02/BK Sertu Sareh, melaksanakan pemantauan, pendampingan terhadap peternak kambing dan mensosialisasikan pencegahan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), Sabtu (9/12).

Kegiatan ini dilaksanakan di Jalan Mandiri 08 Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur.

Dalam kegiatan tersebut, Sertu Sareh menyampaikan bahwa PMK merupakan penyakit hewan menular yang disebabkan oleh virus.

"PMK dapat menyebabkan hewan mengalami demam, keluar air liur berlebihan, luka di mulut dan kuku, hingga kematian," Ujar Sertu Sareh.

Ia menjelaskan, bahwa penularan PMK dapat terjadi melalui kontak langsung dengan hewan yang sakit, kontak dengan benda yang terkontaminasi virus PMK, atau melalui udara.

"Untuk mencegah penyebaran PMK, kita harus menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak," Katanya.

Sertu Sareh juga mengingatkan kepada Kaderi, pemilik ternak kambing, untuk selalu memperhatikan kesehatan hewan ternaknya. Jika ditemukan gejala PMK, segera hubungi petugas kesehatan hewan.

"Jika ditemukan gejala PMK, segera isolasi hewan tersebut dan laporkan kepada petugas kesehatan hewan," kata Sertu Sareh.

Kegiatan pemantauan, pendampingan, dan sosialisasi ini mendapat apresiasi dari Kaderi. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Babinsa yang telah memberikan sosialisasi tentang PMK. Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi saya," kata Kaderi.

Kegiatan pemantauan, pendampingan, dan sosialisasi pencegahan PMK ini akan terus dilaksanakan oleh Babinsa Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Koramil 02/BK di wilayah binaan.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan

Ruddi Nahkodai AMOK Kepri


Tulis Komentar