Pencegahan PMK Oleh Sertu Nono di Wilayah Binaannya

Pencegahan PMK Oleh Sertu Nono di Wilayah Binaannya

Porospro.com - Babinsa Koramil 01/Dumai, Sertu Nono.S, melaksanakan sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RT 07, Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

Sosialisasi ini dilaksanakan di rumah Safari, salah seorang peternak sapi di RT 07. Dalam sosialisasi tersebut, Sertu Nono.S memberikan penjelasan tentang PMK, mulai dari gejala, cara penularan, hingga cara pencegahannya.

"PMK merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Penyakit ini dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup besar bagi peternak," kata Sertu Nono.S.

Sertu Nono.S juga memberikan beberapa tips untuk mencegah PMK, yaitu, Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya, Memisahkan hewan yang sakit dari hewan yang sehat, Melakukan vaksinasi secara rutin.

Sertu Nono.S juga mengingatkan Safari agar selalu menjaga kebersihan kandang dan ternaknya. Ia juga menyarankan Safari untuk segera melaporkan kepada petugas kesehatan hewan jika ada hewan ternaknya yang menunjukkan gejala PMK.

"Kandang harus selalu bersih dan kering. Ternak juga harus selalu diberi pakan yang berkualitas dan terbebas dari penyakit," kata Sertu Nono.S.

Safari mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi dari Babinsa. Ia mengaku akan mengikuti tips-tips yang diberikan oleh Babinsa untuk mencegah PMK.

"Terima kasih atas sosialisasinya. Saya akan mengikuti tips-tips yang diberikan," kata Safari.

Sosialisasi PMK ini merupakan salah satu upaya dari TNI untuk membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran PMK. TNI akan terus bersinergi dengan instansi terkait untuk mencegah penyebaran PMK di wilayah Kota Dumai.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar