Gejala PMK dan Cara Mengantisipasinya Disampaikan Oleh Sertu Jumat Desmanto

Gejala PMK dan Cara Mengantisipasinya Disampaikan Oleh Sertu Jumat Desmanto

Porospro.com - Babinsa Kelurahan Bagan Besar Timur Koramil 02/Bk, Sertu Jumat Desmanto, melaksanakan pendampingan, pemantauan, dan mensosialisasikan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak Sapi kepada Pemilik Hamdan di Jln Sukarno Hatta Kelurahan Bagan Besar Timur Kecamatan Bukit Kapur, Jumat (19/01/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Sertu Jumat Desmanto memberikan sosialisasi tentang gejala-gejala PMK, cara pencegahan, dan cara pengobatan. 

"Gejala PMK antara lain demam tinggi, mulut berbusa, dan kuku terlepas," ujar Sertu Jumat Desmanto.

Ia pun meminta kepada pemilik ternak, Hamdan, untuk selalu memperhatikan kebersihan kandang, dan selalu berhati-hati saat memberi makan kepada ternak mereka. 

"Untuk mencegah PMK, kita harus menjaga kebersihan kandang, memisahkan ternak yang sakit, dan tidak memberikan pakan yang terkontaminasi," tambahnya.

Sertu Jumat Desmanto juga melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik Hamdan. Adapun hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan sehat dan tidak terjangkit penyakit.

"Alhamdulillah, hewan ternak milik Pak Hamdan dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit PMK," ujar Sertu Jumat Desmanto.

Hamdan, pemilik ternak, menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi dari Babinsa. 

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Babinsa yang telah memberikan sosialisasi tentang pencegahan PMK. Saya akan mengikuti imbauan Bapak Babinsa untuk menjaga kebersihan kandang dan memisahkan ternak yang sakit," ujar Hamdan.

Kegiatan pendampingan, pemantauan, dan sosialisasi pencegahan PMK ini merupakan salah satu strategi penanganan PMK yang bersifat masif. TNI akan terus hadir untuk membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran PMK.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar