Sertu Sutarno Fokuskan Kegiatan Sosialisasi Terkait Pencegahan PMK

Sertu Sutarno Fokuskan Kegiatan Sosialisasi Terkait Pencegahan PMK

Porospro.com - Babinsa Koramil 01/Dumai, Sertu Sutarno, melaksanakan sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RT 16, Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka untuk mencegah penyebaran PMK yang saat ini harus diwaspadai penyebarannya.

Dalam sosialisasi tersebut, Sertu Sutarno menyampaikan bahwa PMK merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku genap, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, babi, dan sebagainya.

"PMK dapat menular melalui kontak langsung antara hewan yang sakit dengan hewan yang sehat, atau melalui kontak tidak langsung, seperti melalui udara, peralatan, dan manusia," ujar Sertu Sutarno.

Sertu Sutarno juga menyampaikan beberapa ciri-ciri hewan yang terserang PMK, antara lain, Demam tinggi, Mulut dan kuku melepuh, Sulit makan dan minum serta Susah berdiri dan berjalan.

Untuk mencegah penyebaran PMK, Sertu Sutarno mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan hal-hal diantaranya, Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar, Melakukan pemeriksaan kesehatan hewan secara rutin dan Tidak membawa hewan dari daerah yang terjangkit PMK.

Sertu Sutarno juga mengingatkan agar masyarakat segera melaporkan kepada petugas kesehatan hewan jika menemukan hewan yang menunjukkan gejala PMK.

"Segera laporkan kepada petugas kesehatan hewan jika menemukan hewan yang menunjukkan gejala PMK, agar dapat dilakukan penanganan dengan cepat," kata Sertu Sutarno.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar