Cerita 15 Tahun yang Lalu, Lionel Messi Mencetak Gol Pertamanya untuk Barcelona

Cerita 15 Tahun yang Lalu, Lionel Messi Mencetak Gol Pertamanya untuk Barcelona

Porospro.com - 15 tahun lalu, Lionel Messimencetak gol pertamanya untuk Barcelona. Sekarang, setelah 718 pertandingan, Messi telah menjelma jadi legenda dan identitas Barca dengan total 627 gol.

Mungkin 15 tahun lalu, tepatnya 1 Mei 2005 CET atau 2 Mei 2005 dini hari WIB. Tidak banyak fans Barca dan penikmat sepak bola yang menyadari bahwa mereka sedang menyaksikan salah satu keajaiban besar dalam sejarah sepak bola.

Memang benar, saat itu mereka sudah tahu bahwa ada pemain 17 tahun spesial jebolan La Masia. Ada isu bahwa pemain muda ini bisa melakukan segalanya. Namun, bukankah isu-isu seperti ini hal biasa? Bukankah pada akhirnya banyak yang gagal saat bermain di level senior?

Untuk Messi, kasusnya jelas berbeda. Apa yang terjadi pada saat itu?

Mengutip Marca, Gol pertama Messi teripca pada laga kontra Albacete. Saat itu Barca masih ditangani Frank Rijkaard, Messi masih 17 tahun, belum jadi pemain inti.

Messi mengenakan kostum nomor 30, pemandangan aneh bagi pemain yang sudah terlalu sering terlihat mengenakan nomor punggung 10 saat ini. Messi muda memasuki lapangan di menit ke-87 untuk menggantikan Samuel Eto'o.

Messi sempat mencetak gol hanya beberapa menit setelah menginjak lapangan, tapi dianulir karena offside. Lalu, di menit ke-90, Messi menerima umpan daerah yang memanjakan dari Ronaldinho.

Lalu, dengan ketenangan yang luar biasa, Messi mencungkil bola untuk melampaui kiper Albacete yang telanjur meninggalkan gawangnya. Gol itu mengamankan kemenangan Barcelona dan membawa mereka kian dekat dengan gelar juara.

Gol itu jelas sangat berarti bagi Messi, bagaimanapun itu gol pertamanya di level senior. Namun, sebenarnya gol itu juga membawa makna implisit yang begitu dalam.

Messi mencetak gol pertamanya dengan memanfaatkan umpan Ronaldinho. Seakan-akan Ronaldinho menyerahkan tongkat estafet pada Messi, dari satu pemain top ke pemain top lainnya.

Mungkin tidak ada yang tahu betapa besarnya umpan Ronaldinho itu daripada Messi sendiri. Sampai saat ini pun Messi tidak mau disebut sebagai pemain terbaik dalam sejarah Barca, dia selalu menyebut nama Ronaldiho untuk pengakuan yang satu itu.

Uniknya, gol pertama Messi itu tidak hanya melekat pada memori fans Barca, tapi juga selamanya tersimpan pada perpustakaan film nasional Spanyol.

Kala itu, ada Albert Espinosa yang sedang menuangkan naskah filmnya 'Your Life in 65 Minutes', yang rencananya bakal disutradari oleh Maria Ripoll pada tahun 2006. Saat itu publik Spanyol sudah tahu bahwa mereka bakal melangsungkan syuting di Camp Nou selama pertandingan berlangsung.

Biar begitu, tidak ada yang tahu bahwa syuting berlangsung pada 1 Mei 2005 itu. Hari di mana pemain terbaik dalam sejarah Barcelona mencetak gol pertamanya.

"Gagasannya adalah mengambil gambar di Barcelona, tentang tiga sekawan yang selalu menonton pertandingan bersama," ujar Espinosa.

Proses syuting itu tidak berjalan baik. Albacete ternyata tidak mudah dikalahkan, Barca sulit mencetak gol. Tentu Eslpinosa sempat kesulitan, setidaknya dia butuh gambar perayaan gol untuk melengkapi film.

"Kami sempat kesulitan karena Barcelona tidak bisa mencetak gol, padahal kami hanya butuh satu gol untuk menutup adegan," lanjut Espinosa.

Lalu, Samuel Eto'o mencetak gol di menit ke-66 untuk membawa Barca unggul, Espinosa senang bisa mendapatkan gambar. Untungnya dia tidak menghentikan proses syuting di situ, dia terus merekam sampai akhirnya Messi mencetak gol di ujung laga.

"Yang luar biasa adalah beberapa tahun kemudian kami memahami bagaimana perkembangan Messi. Merekam gol pertamanya di film 35mm merupakan hadiah berharga," tandasnya.

Data & Fakta Leo Messi

Klub: Barcelona

Pertandingan: 718

Gol: 627

Assists: 261

Penghargaan: 6 Ballon d'Or, 2 Best FIFA Men's Player, 2 UEFA Player of the Year, 8 La Liga Best Player, 10 trofi La Liga, 4 trofi Liga Champions, 6 trofi Copa del Rey, 

Sumber: bola.net

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar