Hari Ini Gempa Bumi: M 4,3 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami

Hari Ini Gempa Bumi: M 4,3 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami

Porospro.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 4,3 mengguncang wilayah Banda Aceh, dini hari tadi pada pukul 03.07 WIB, Kamis (7/5/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 4,99 LU dan 95,26 BT.

Kepala BMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan SSi MSi, menyebutkan lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 47 km barat daya Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh pada kedalaman 16 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia terhadap lempeng Eurasia," kata Edison dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan laporan masyarakat, dampak dari gempa bumi ini  berupa guncangan dirasakan di wilayah di Banda Aceh dengan skala II MMI,  di mana getarannya bisa dirasakan beberapa orang di dalam rumah.

Kendati gempa bumi itu terjadi di laut, hasil permodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

BMKG pun menghimbau kepada masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat oleh gempa.

Periksa juga dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, dan tidak mengalami kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Masyarakat juga dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

Sumber: kompas.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar