Bukan IHSG, ini Investasi yang Bisa Kasih Cuan 12 Persen Selama Sebulan

Bukan IHSG, ini Investasi yang Bisa Kasih Cuan 12 Persen Selama Sebulan

Porospro.com - Hanya dalam waktu satu bulan, beberapa reksa dana dengan dana kelolaan di atas Rp 1 triliun berhasil mencatatkan kinerja yang cukup baik. Salah satunya bahkan mencapai 12%.

Berdasarkan data terbaru dari Edvisor.id, tercatat ada 19 reksa dana dengan dana kelolaan jumbo dengan kinerja terbaik selama sebulan.

Adapun posisi satu dan kedua adalah reksa dana saham besutan PT Henan Putihrai Asset Management yaitu HPAM Ekuitas Syariah Berkah, dengan kinerja 12,9% sebulan, diikuti oleh HPAM Smart Beta Ekuitas (7,6% MoM).

Selanjutnya, ada Panin Dana Maxima dengan kinerja 2,1% dan Sucorinvest Equity Fund (1,2%).

Berkaca pada kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sebulan ke belakang yang -1,85%. Kinerja reksa dana ini justru terlihat lebih baik.

Selain reksa dana saham, kinerja seluruh reksa dana dengan dana kelolaan jumbo terpantau di bawah 1% secara bulanan. Bahkan ada salah satu di antaranya yang minus.

Seperti diketahui, tepat pada penutupan perdagangan 18 April 2024 IHSG ditutup menguat 0,5% ke posisi 7.166,81. IHSG berhasil konsisten bergerak di zona hijau, meski masih bertahan di level psikologis 7.100.

Kesuksesan manajer investasi dalam merangkai portofolio reksa dana tentu ada pada kinerjanya yang bisa mengalahkan indeks acuan.

Ketika reksa dana tersebut adalah reksa dana saham atau indeks saham, maka IHSG tentu bisa menjadi acuan.

Namun ketika reksa dana tersebut adalah reksa dana pendapatan tetap atau pasar uang, maka indeks obligasi maupun besaran bunga deposito bisa menjadi pembandingnya.

Sumber: CNBC Indonesia

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar