Antisipasi Karhutla, Babinsa Ajak Warga Desa Renak Dungun Tingkatkan Patroli dan Pengawasan

Antisipasi Karhutla, Babinsa Ajak Warga Desa Renak Dungun Tingkatkan Patroli dan Pengawasan

Porospro.com - Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis mengintensifkan kegiatan patroli rutin di wilayah Desa Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Patroli kali ini dipimpin oleh Serda Rian dan Pratu Hutagalung, yang aktif mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan lingkungan mereka.

"Kegiatan patroli dan komunikasi sosial ini rutin kami lakukan untuk mencegah karhutla. Kami berharap dengan adanya patroli ini, potensi kebakaran hutan dapat diminimalisir," jelas Serda Rian.

Patroli ini melibatkan sinergi antara Babinsa dengan aparat desa serta warga setempat untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat.

Selain patroli, Babinsa juga mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. 

"Kami mengajak warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena sangat berisiko menimbulkan kebakaran yang luas. Pengawasan harus dilakukan secara ketat dan rutin," tambah Pratu Hutagalung.

Dalam setiap kesempatan, Babinsa selalu berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya dan dampak dari karhutla. 

Melalui komunikasi sosial, mereka mengedukasi warga tentang cara-cara pencegahan yang efektif dan tindakan cepat yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran kecil.

"Kami rutin bersinergi dengan aparat di wilayah ini untuk menghimbau dan mengajak masyarakat agar melakukan pencegahan dan antisipasi, kami juga melibatkan tokoh masyarakat dan perangkat desa dalam setiap kegiatan sosialisasi ini," jelas Serda Rian.

Dengan adanya patroli rutin yang dilakukan Babinsa bersama masyarakat, diharapkan potensi kebakaran hutan dan lahan di Desa Renak Dungun dapat dicegah. 

"Kami berharap melalui patroli ini dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di Desa Renak Dungun yang berada dalam binaan Koramil 06/Merbau," tutup Serda Rian.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar