PLN Icon Plus dan PLN Wujudkan Telecommunication and Digital Centre di IKN

PLN Icon Plus dan PLN Wujudkan Telecommunication and Digital Centre di IKN

Porospro.com, - IBU KOTA NUSANTARA – Dalam mewujudkan sistem ketenagalistrikan yang smart dan futuristik, PLN Icon Plus membangun sistem telekomunikasi yang andal untuk smart grid dan digitalisasi IKN (Ibu Kota Nusantara) secara terintegrasi.

Pembangunan sistem telekomunikasi ini sejalan dengan Hak Perlintasan yang diberikan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) pada Desember 2023 kepada PLN Icon Plus sebagai penyedia jaringan telekomunikasi di IKN.

Pembangunan backbone telekomunikasi fiber optik yang terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan ditandai dengan ground-breaking PLN Hub sebagai smart electricity, telecommunication and digital  center.

PT PLN (Persero) dan PLN Icon Plus melaksanakan Groundbreaking Smart electricity, Telecommunication and Digital Centre sebagai bentuk komitmen dan kesiapan dalam rangka mendukung ekosistem transisi energi dan digitalisasi IKN.
 
Groundbreaking PLN Hub dilaksanakan di IKN, Rabu (5/6/2024), dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengatakan sangat menghargai sekali dibangunnya PLN Hub yang nanti akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN.

Groundbreaking ini dihadiri juga oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi beserta jajaran direksi dan komisaris PT PLN (Persero) dan PLN Icon Plus.

PLN Hub akan berfungsi juga sebagai pengendali sistem telekomunikasi dan digital center yang dibangun secara terintegrasi dengan keandalan  yang sangat tinggi.

Dalam kesempatan itu, Darmawan Prasodjo, PLN Group diberikan kepercayaan untuk menerjemahkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan green dari sisi ketenagalistrikan.

"Terima kasih kami diberikan kesempatan membangun PLN Hub di jantungnya IKN. Kami bangun PLN Hub yang menyatu dengan alam, mengerahkan arsitek-arsitek terbaik bangsa," ujarnya.

Dia memastikan PLN Hub akan menjadi episentrum research and development. "Episentrum kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kwH dari PT PLN (Persero) memiliki peran penting untuk mendukung infrastruktur telekomunikasi andal di IKN untuk menunjang keandalan sistem ketenagalistrikan mutakhir dan modern dari PLN.

"Kita berharap sistem backbone telekomunikasi ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh penyedia telekomunikasi fixed broadband dan seluler untuk membangun konektivitas di IKN," katanya.

Menurutnya, PLN Icon Plus berkomitmen mendukung sistem ketenagalistrikan PLN dalam pembangunan berkelanjutan di IKN.

Salah satunya, dengan menyediakan layanan telekomunikasi yang didukung oleh infrastruktur termutakhir dan modern, dengan keandalan yang sangat tinggi untuk mendukung terwujudnya ekosistem ‘Smart, Green and Beautiful’ di IKN.

Dalam upaya menciptakan ekosistem Smart, Green and Beautiful di IKN, PLN Icon Plus, imbuhnya, juga memperkenalkan berbagai inisiatif ramah lingkungan lainnya.

Pihaknya juga berkomitmen untuk menyediakan layanan beyond kWh di IKN yang terintegrasi serta mencakup berbagai solusi strategis, dan sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan di IKN yang ramah lingkungan dan modern.

Solusi strategis itu, terang Ari Rahmat, antara lain internet, ekosistem kendaraan listrik (EV), Internet of Things (IoT), serta Smart Home, yang seluruhnya dirancang untuk mendukung ekosistem yang ramah lingkungan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di IKN.

Melalui kegiatan groundbreaking ini, PLN Icon Plus menunjukkan komitmen serta kesiapan untuk mendukung pembangunan IKN yang modern, cerdas, dan hijau.

"Upaya ini tidak hanya mendukung  keberlanjutan lingkungan, tetapi juga mendorong inovasi di sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Indonesia," pungkas Ari Rahmat. ***

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar