Desa Rawa Bangun Serahkan BLT Dana Desa 'Door To Door' kepada 41 KK Terdampak Covid-19

Desa Rawa Bangun Serahkan BLT Dana Desa 'Door To Door' kepada 41 KK Terdampak Covid-19

Porospro.com - Pemerintah Desa Rawa Bangun, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD), Rabu 13 Mei 2020. Menariknya, penyerahan BLT DD dilakukan dengan sistem dor to dor ke rumah warga yang berhak menerima.

Hadir dalam penyerahan BLT DD tersebut, Camat Rengat Sustiono, Sekcam Rengat Rina Julianti, S.Sos, Kepala Desa Rawa Bangun Aswadi, S.Pd.I, Pendamping Desa Dewi Ranti, SP, Fasilitator Kecamatan Rengat Fitri Ningsih, SE, PDTI Efi Milianti, ST, dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Desa Rawa Bangun Jumanto.

"Ada 41 kepala keluarga yang mendapatkan BLT Dana Desa. Masing -masing kepala keluarga mendapatkan 600 ribu rupiah," ujar Kepala Desa Rawa Bangun, Aswadi, S.Pd.I disela-sela menyerahkan BLT DD.

Lanjutnya, 41 kepala keluarga yang mendapatkan BLT DD, sudah dibahas dan ditetapkan BPD melalui musyawarah khusus. “Proses verifikasi yang wajib mendapatkan BLT DD sudah melalui prosedur dan mekanisme yang berlaku,” jelas Aswadi.

Pada kesempatan tersebut, Kades yang dikenal ramah ini berpesan kepada masyarakat agar jangan khawatir, tetap tenang dan dapat menjalankan anjuran dari Pemerintah Kabupaten Inhu, yakni menjaga kesehatan, memakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan dan mengkonsumsi makanan sehat.  “Jangan keluar daerah jika itu tidak dianggap penting,” pintanya.

Sementara itu, Camat Rengat Sustiono mengungkapkan proses penyaluran BLT DD di kecamatan Rengat menggunakan sistem door to door dengan tujuan menghindari kerumunan warga ditengah wabah covid-19. 

Kemudian, dari 10 desa yang ada di Kecamatan Rengat baru 2 desa yang sudah menyalurkan BLT DD, yakni Desa Rawa Bangun dan Desa Pasir Kemilu. “Dengan BLT DD yang telah diberikan kepada masyarakat sebesar Rp600 ribu, diharapkan digunakan dengan bijak,”pintanya.

Camat menambahkan utamanya untuk memenuhi kebutuhan pokok berupa beras, telur, minyak dan lainnya. Meski BLT itu sifatnya bebas digunakan untuk apa saja bagi penerimanya.

“Harapannya ketika virus ini masih jalan terus, rakyat tetap terjaga kesehatan, ekonomi dan pangan tercukupi,” tuturnya.

Mantan Lurah Sekip Hulu ini berharap masyarakat yang telah menerima bantuan tidak menggunakannya untuk membeli barang diluar kebutuhan pokok. Pasalnya tujuan pemerintah memberikan bantuan itu untuk memberi kesejahteraan bagi masyarakat yang terdampak. red

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar