Serda Edi dan Kopda Ricko Patroli di Tanjung Padang Cegah Kebakaran Hutan

Serda Edi dan Kopda Ricko Patroli di Tanjung Padang Cegah Kebakaran Hutan

Porospro.com - Dalam rangka pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 06/Merbau melaksanakan monitoring di daerah rawan karhutla, khususnya di Desa Tanjung Padang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan wilayah-wilayah rawan tetap terpantau dan terjaga dari potensi kebakaran.

Serda Edi Saputra dan Kopda Ricko melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi rutin di desa binaan mereka. 

"Kita susuri langsung wilayah hutan maupun perkebunan warga untuk melihat kondisi di lapangan sebagai antisipasi dalam tindakan pencegahan dari ancaman karhutla," kata Serda Edi saat diwawancarai.

Babinsa menjelaskan bahwa berbagai langkah terus dilakukan dalam mencegah karhutla di desa binaan. 

"Ini sudah menjadi tugas rutin kami untuk memberikan komunikasi sosial (komsos) kepada masyarakat tentang ancaman dan bahaya karhutla," tambah Serda Edi.

Selama patroli, Serda Edi dan Kopda Ricko tidak hanya memantau tetapi juga mengedukasi warga setempat. 

"Selalu kita ingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan garapan, karena sering terjadi karhutla akibat membuka lahan dengan cara dibakar," ujar Kopda Ricko.

Patroli dan sosialisasi ini mendapat sambutan positif dari warga Desa Tanjung Padang. Mereka merasa lebih aman dan teredukasi dengan kehadiran Babinsa yang aktif memberikan informasi dan langkah-langkah pencegahan karhutla. 

"Kami sangat berterima kasih atas upaya Babinsa yang terus-menerus mengingatkan dan membantu kami," kata seorang warga setempat.

Serda Edi menambahkan bahwa patroli rutin seperti ini sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada titik api yang berpotensi menjadi besar. 

"Dengan memantau secara langsung, kita bisa segera mengambil tindakan jika ditemukan potensi kebakaran," jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif yang dilakukan oleh Kodim 0303/Bengkalis untuk melindungi lingkungan dan mencegah kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan. Babinsa berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan menghindari praktik-praktik yang dapat memicu karhutla.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar