Wow! Isi Kawah Ini Terdapat Ribuan Ton Logam Mulia

Wow! Isi Kawah Ini Terdapat Ribuan Ton Logam Mulia

Porospro.com - Ada satu kawah misterius di pedalaman Siberia, Rusia. Kawah ini dipercaya mengandung ribuan ton logam mulia. Seperti apa penampakannya?

Nun jauh di pedalaman Siberia, Rusia ada sebuah kawah raksasa yang disebabkan oleh tumbukan meteor atau sisa gunung berapi purba. Kondyor Massif, begitu nama kawah ini.

Kondyor Massif bukanlah kawah biasa. Di dalam tanahnya, dipercaya mengandung berton-ton logam mulia. Emas, perak, platinum, sebut saja logam berharga apapun itu, konon katanya ada di dalam lapisan tanah Kondyor Massif.

Dirangkum detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (14/5/2020), Kondyor Massif masih jadi misteri tersendiri bagi para ilmuwan, terutama bagi para geolog. Formasi batuan yang membentuk kawah ini memiliki tinggi 609 meter dengan lebar mencapai 8 kilometer.

Dari pantauan udara, Kondyor Massif tampak seperti formasi pegunungan yang berbentuk lingkaran, dengan ceruk kawah di bagian tengahnya.

Menurut para geolog, kondisi ini disebabkan oleh magma cair yang terkristalisasi dan disebut sebagai intrusi.

Batuan vulkanik yang terdorong tadi akhirnya membentuk formasi yang kita kenal sebagai Kondyor Massif, alih-alih meledak keluar melainkan mereka merayap di permukaan.

Tapi beberapa ahli lain meyakini Kondyor Massif merupakan bekas situs meteor jatuh jutaan tahun silam.

Pada tahun 2006, NASA sempat membuat foto citra satelit dari Kondyor Massif. Foto ini dibuat dengan menggunakan teknologi Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer (Aster) pada Satelit Terra.

Hasilnya cukup mengejutkan. Citra satelit dari Kondyor Massif menunjukkan penampakan topografi dari kawah misterius ini yang jarang dilihat orang. Bentuknya lingkaran dengan susunan gunung yang cukup aneh.

Tak heran jika masyarakat setempat menyebut Kondyor Massif sebagai Urgula, lingkaran yang dianggap suci dan sakral.

Terlepas dari kepercayaan masyarakat setempat, para ilmuwan meyakini ada kandungan logam berharga yang sangat melimpah di Kondyor Massif.

Sampai-sampai Kondyor Massif dijuluki sebagai 'Treasure Mountain' alias Pegunungan Harta Karun. Beberapa jenis logam berharga seperti emas, perak hingga platinum pernah ditemukan di sini.

Formasi batuan yang tidak biasa di Kondyor Massif juga disebut-sebut mengandung senyawa mineral yang diberi nama Konderite, yaitu campuran antara logam tembaga, platinum, rhodium, timbal dan sulfur.

Para penambang juga menemukan plutonium di Kondyor Massif. Plutonium dikenal sebagai bahan baku untuk reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir, atau bisa juga untuk senjata nuklir.

Letaknya yang jauh di pedalaman membuat Kondyor Massif jarang dikunjungi wisatawan. Jaraknya dari kota terdekat, Khabarovsk saja mencapai 1.100 kilometer. Itu berarti destinasi ini sangat-sangat terpencil.

Jangan berharap akan menemukan fasilitas akomodasi atau infrastruktur lain di sini, karena memang tidak ada apapun di sekitar kawah misterius itu. Untuk bisa masuk ke area di sekitar Kondyor Massif, traveler juga butuh izin khusus dari Pemerintah Rusia.

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar