Serda Ade D. Purba dan Praka Yudi Edukasi Warga Desa Centai Tentang Bahaya Karhutla

Serda Ade D. Purba dan Praka Yudi Edukasi Warga Desa Centai Tentang Bahaya Karhutla

Porospro.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan serta lahan, Serda Ade D. Purba dan Praka Yudi, Babinsa Koramil 06/Merbau, melaksanakan kegiatan patroli dan sekaligus sosialisasi tentang Karhutla kepada masyarakat di wilayah binaan, seputaran Desa Centai, Kecamatan Pulau Merbau.

Kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) ini rutin dilakukan oleh Babinsa guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis. 

Tujuan dari patroli sekaligus sosialisasi ini adalah memberikan contoh dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan.

Serda Ade D. Purba menyampaikan bahwa himbauan dan sosialisasi ini dimaksudkan agar masyarakat paham bahwa melakukan pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, apalagi membuka lahan dengan cara dibakar. 

"Hal itu sangat merugikan dan juga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Ini merupakan bentuk pelanggaran hukum dan dapat dipidanakan," tegasnya.

Patroli dan sosialisasi karhutla di wilayah binaan yang dilaksanakan Babinsa merupakan salah satu upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa dampak bahaya akibat kebakaran hutan dan lahan sangat merugikan, baik dari segi kesehatan, ekonomi, maupun lingkungan.

"Pelaksanaan patroli ini penting untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI serius dalam menjaga kelestarian lingkungan," kata Serda Ade D. Purba. 

Ia juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam melakukan langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Lanjut Serda Ade D. Purba, ia berharap masyarakat lebih peduli dan berperan aktif dalam pencegahan karhutla. Jangan sampai tindakan pembakaran hutan dan lahan merugikan semua pihak.

Dengan adanya kegiatan patroli dan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Desa Centai lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran hutan serta lahan yang dapat berdampak buruk bagi semua pihak. 

"Kesadaran bersama adalah kunci utama dalam mencegah karhutla," pungkasnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar