Dana KUR BNI yang Ditargetkan Hampir Terpenuhi

Dana KUR BNI yang Ditargetkan Hampir Terpenuhi
Sumber foto; ig @bniwecaretbh045

Porospro.com - Target penyaluran dana KUR 2024 yang disalurkan Bank BNI, diperkirakan segera terpenuhi dalam waktu dekat. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat itu bakal terwujud, setelah ditingkatkannya pelayanan pada nasabah.

Hal itu disampaikan Okki Rushartomo, Corporate Secretary Bank BNI, terkait langkah-langkah Bank BNI dalam meningkatkan kinerja pelayanan kepada para usahawan mikro, kecil dan menengah di Tanah Air.

Untuk diketahui, dalam tahun anggaran 2024 ini, jumlah dana KUR 2024 yang dialokasikan ke Bank BNI sebesar Rp 18 triliun.  Dari jumlah dana tersebut, Rp 6,36 triliun sudah disalurkan kepada publik.

"Kami optimis penyaluran dana KUR 2024 ini bisa capai target.  Ini terwujud dengan berbagai langkah strategis, termasuk dengan tetap melayani proses KUR 2024 dan BWU di hari libur," ujar Okki Rushartomo dalam siaran persnya, Kamis 27 Juni 2024, kemarin.

BWU yang dimaksudkan Okki Rushartomo, adalah BNI Wirausaha. BWU merupakan usaha perorangan atau badan usaha (kecuali koperasi dan yayasan) uang bergerak di sektor ekonomi dan berlokasi usaha sebagaimana ditetapkan yaitu jarak 10 km atau waktu tempuh maksimal 2 jam dari lokasi unit pemroses kredit.

Khusus untuk usaha perorangan dan badan usaha perorangan dengan maksimum kredit sampai Rp 500 juta

Adapun syarat yang dipenuhi berupa surat ijin usaha sesuai bidang usaha, minimal Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari kelurahan setempat atau ijin usaha lainnya.

Okki Rushartomo juga menyebutkan bahwa setelah berhasil menyalurkan dana KUR 2024 senilai Rp 6,36 triliun, manajemen Bank BNI optimis bakal mampu menyalurkan dana KUR 2024 sesuai target.

Target penyaluran yang dimaksud adalah sesuai dengan alokasi dana yang telah digelontorkan pemerintah pusat kepada lembaga keuangan tersebut.

Makanya untuk mewujudkan target tersebut, saat ini manajemen Bank BNI telah mempunyai strategi khusus. Strategi tersebut, adalah tetap menyalurkan dana KUR 2024 walaupun hari libur nasional.

Dengan pencapaian tersebut, lanjut dia, maka Bank BNI semakin optimis kalau hingga Desember 2024 mendatang, lembaga keuangan tersebut bisa menyalurkan dana KUR 2024 sampai tuntas.

"Kami optimis dapat mencapai target tersebut dengan berbagai langkah strategis, termasuk dengan tetap melayani proses KUR 2024 dan BWU di hari libur," ujar Okki Rushartomo dalam siaran persnya, Kamis 27 Juni 2024.

Langkah-langkah tersebut meliputi fokus pada pasar yang terpilih dengan menggarap value chain korporasi, nasabah potensial, ekosistem digital, dan mitra kerja sama.

Selain itu, Bank BNI juga melakukan standarisasi proses melalui digitalisasi end-to-end proses kredit, serta menggunakan sistem penilaian (scoring system) yang dikalibrasi secara berkala dalam proses pengajuan kredit.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelayanan kredit UMKM tetap optimal dan berdaya guna dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sektor UMKM di Indonesia.

 

Sumber: pos-kupang.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: redaksiporospro@gmail.com Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar