IOC kuncurkan Dana Hingga Rp 12 Triliun Akibat Penundaan Olimpiade Tokyo

IOC kuncurkan Dana Hingga Rp 12 Triliun Akibat Penundaan Olimpiade Tokyo

Porospro.com - Komite Olimpiade Internasional ( IOC) mengucurkan dana sebesar 800 juta dolar AS (sekitar Rp 12 triliun) untuk membantu kesulitan finansial akibat pandemi virus corona yang menyebabkan penundaan Olimpiade Tokyo.

Dilansir laman Olympic, Sabtu, jumlah tersebut meliputi 650 juta dolar AS (sekitar Rp 10 triliun) untuk penyelenggaraan Olimpade.

Adapun 150 juta dolar AS (sekitar Rp 2 triliun) ditunjukan untuk Federasi Internasional (IF), Komite Olimpiade Nasional (NOC), dan organisasi lainnya yang diakui IOC.

"Kami telah membahas dampak keuangan ini. Anda bisa bayangkan betapa itu tidak mudah karena melakukan perencanaan di saat seperti ini sangat sulit akibat ketidakpastian yang Anda temui," ujar Presiden IOC Thomas Bach dikutip dari AFP, Sabtu (16/5/2020).

"Tidak ada yang tahu seperti apa dunia besok. Ini prosedur perencanaan bertahap."

Dana bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan kepada para atlet.

Diharapkan dana bantuan dapat membantu NOC dan organisasi olahraga agar bisa kembali melanjutkan kegiatan mereka menuju Olimpiade.

"Olympic Movement sedang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. IOC harus menyelenggarakan Olimpiade yang ditunda untuk pertama kalinya," kata Presiden IOC Thomas Bach.

"Kita harus membantu para pemangku kepentingan melalui krisis global ini... Kita semua harus berkorban dan berkompromi," ujarnya menambahkan.

Olimpiade Tokyo diputuskan ditunda dan akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

Namun, muncul wacana apabila pesta olahraga empat tahunan itu akan dibatalkan jika pandemi tak kunjung berakhir di tahun depan.

Menanggapi hal tersebut, Bach enggan berspekulasi terkait kemungkinan penundaan lebih lanjut.

"Kami masih punya waktu satu tahun dua bulan lagi jadi masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan," ucapnya.

 

Sumber: kompas.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar