Apa Saja Buah Penurun Kolesterol?

Apa Saja Buah Penurun Kolesterol?

Porospro.com - Kolesterol merupakan lipid yang ditemukan dalam darah, bisa kolesterol baik ataupun jahat. Secara umum kolesterol berfungsi untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, serta menghasilkan vitamin D.

Dikutip dari Shape, ada dua jenis kolesterol yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Sehingga jumlah LDL atau kolesterol jahat yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Bisakah diet membantu pengontrolan kolesterol?

Heartfoundation.org.nz mengatakan makan makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kolesterol dan kesehatan jantung secara keseluruhan. Makanan terbaik untuk mengontrol kadar kolesterol adalah:

- Sayuran
- Buah
- Biji-bijian
- Polong-polongan
- Kacang

Makanan nabati akan membantu Anda mendapatkan berbagai nutrisi, lemak dan serat yang menyehatkan jantung. Ini semua dapat meningkatkan kesehatan jantung yang optimal.

Buah bisa menjadi salah satu penurun kolesterol dan darah tinggi. Buah dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Buah mengandung vitamin dan mineral yang membantu Anda tetap sehat dan mencegah penyakit.

Buah tertentu dapat menurunkan kolesterol LDL mengandung sedikit atau bahkan tidak ada lemak dan juga rendah kalori sehingga mereka dapat membantu Anda untuk tetap memiliki berat badan yang sehat.

Heartuk.org.uk memaparkan buah dan sayur juga tinggi serat. Dan serat ini dapat membantu menurunkan kolesterol karena serat membantu memblokir sejumlah kolesterol agar tidak diserap dari usus ke dalam aliran darah.

Buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi adalah apel, stroberi, anggur serta lemon. Buah-buahan ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar