Fenomena Cincin Api Solstis Mengiringi Gerhana Matahari Hari Ini

Fenomena Cincin Api Solstis Mengiringi Gerhana Matahari Hari Ini

Porospro.com - Gerhana matahari diprediksi terjadi pada hari ini atau 21 Juni 2020. Fenomena gerhana kali ini bersamaan dengan fenomena Cincin Api Solstis.

Akun Instagram planetariumjkt menjelaskan bahwa Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 terjadi di sejumlah negara di benua Afrika dan Asia saat Matahari berada pada Titik Balik Utara (June Solstice).

"Fenomena "Cincin Api Solstis" tersebut termasuk langka yang akan kembali terjadi pada 21 Juni 2039," tulis akun Instagram planetariumjkt.

Lebih lanjut planetariumjkt menjelaskan bahwa Gerhana Matahari Cincin kali ini semakin istimewa dengan “cincin paling tipis” dalam rentang tahun 2003 sampai dengan 2031.

Piringan Matahari yang tertutup Bulan mencapai 98.81% saat Puncak Gerhana di daerah Uttrakhan, India pukul 06:40 UT.

"Saat terjadi Gerhana Matahari 21 Juni 2020 kali ini, sebagian wilayah Indonesia hanya mengalami Fase Gerhana Matahari Parsial saja, sedangkan sebagian yang lain tidak dapat melihat fenomena Gerhana Matahari sama sekali termasuk di Jakarta," terangnya

Sumber: okezone.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar