Istimewanya Puasa Senin-Kamis

Istimewanya Puasa Senin-Kamis

Porospro.com - Keutamaan yang bisa diraih setiap mukmin ketika melaksanakan puasa Senin-Kamis sangatlah besar. Maka itu puasa sunah setiap hari Senin dan Kamis sangatlah istimewa.

Pada dua hari inilah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam selalu menjalankan puasa Senin-Kamis. Lalu setiap Senin dan Kamis amal salih Muslimin diangkat dan dihadapkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Kemudian pada Senin-Kamis pula pintu-pintu surga dibuka.

Adapun dalil-dalil tentang keistimewaan puasa Senin-Kamis adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Muslim.or.id, Kamis (16/7/2020).

1. Dari Aisyah Radhiyallahu anha, beliau mengatakan:

Artinya: "Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis." (HR An Nasai Nomor 2362 dan Ibnu Majah Nomor 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan hadis ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan hadis ini sahih)

2. Usamah bin Zaid berkata:

Artinya: "Aku berkata kepada Rasulullah –Shallallahu alaihi wa sallam, 'Wahai Rasulullah, Engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira Engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang Engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu." Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bertanya, 'Apa dua hari tersebut?' Usamah menjawab, 'Senin dan Kamis.' Lalu Beliau bersabda, 'Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa'." (HR An Nasai Nomor 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan sanad hadis ini hasan)

3. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: "Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi Nomor 747. At Tirmidzi mengatakan hadis ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan sanad hadis ini hasan. Syekh Al Albani mengatakan hadis ini shahih lighoirihi yaitu sahih dilihat dari jalur lainnya)

4. Dari Abu Qotadah Al Anshori Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas Beliau menjawab:

Artinya: "Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR Muslim Nomor 1162)

5. Keutamaan hari Senin dan Kamis secara umum dijelaskan dalam hadis Abu Hurairah berikut, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: "Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai." (HR Muslim Nomor 2565)

Semoga dalil-dalil tersebut semakin membuat setiap Muslim bersemangat menjalankan puasa Senin-Kamis serta amal salih lainnya. Amin.

Wallahu a'lam.

Sumber: okezone.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar