Anda Bisa Coba Pilihan Obat Sakit Gigi Berikut Ini

Anda Bisa Coba Pilihan Obat Sakit Gigi Berikut Ini

Porospro.com - Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja. Untuk meredakannya, ada sejumlah obat sakit gigi yang bisa Anda coba, baik yang berasal dari bahan alami atau obat-obatan medis. Simak selengkapnya di sini.

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi Anda. Sakit gigi umumnya menandakan adanya masalah dengan gigi atau gusi, misalnya masalah gigi berlubang, gigi patah, radang gusi, atau infeksi.

Obat Sakit Gigi dari Bahan Alami

Ada beberapa obat sakit gigi dari bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi nyeri sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter gigi. Di antaranya adalah:

1. Air garam

Berkumur dengan air garam dapat Anda jadikan pilihan pertama sebagai obat sakit gigi. Air garam merupakan disinfektan alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Cara ini juga efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Anda bisa menggunakan air garam untuk berkumur dengan cara mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

2. Kompres dingin

Anda juga bisa menggunakan kompres dingin untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi. Kompres dingin akan membuat pembuluh darah di daerah yang sakit mengecil, sehingga bengkak dan radang bisa berkurang. Dengan begitu, rasa sakit juga akan berkurang

Untuk menerapkan cara ini, Anda cukup membungkus beberapa buah es batu dalam handuk bersih, lalu tempelkan pada sisi pipi gigi yang sakit selama kurang lebih 20 menit. Ulangi langkah ini setiap beberapa jam sekali.

3. Bawang putih

Bawang putih segar sudah sering digunakan sebagai obat sakit gigi. Khasiatnya dalam meredakan nyeri pada gigi didapatkan dari kandungan senyawa allicin yang bersifat antibakteri dan antimikroba. Kandungan ini dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme penyebab sakit gigi, sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

Anda bisa menggunakan bawang putih untuk obat sakit gigi dengan cara menghancurkannya hingga halus, lalu menempelkannya pada gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah 1 siung bawah putih segar. Jika tidak kuat dengan rasa dan baunya, cukup letakkan potongan bawang putih segar pada gigi yang sakit.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mengobati sakit gigi. Kandungan eugenol dalam minyak cengkeh efektif untuk mengobati peradangan dan meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, zat ini juga merupakan antiseptik alami sehingga dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, Anda bisa meneteskannya pada selembar kapas, lalu menempelkannya pada gigi yang sakit.

Obat Sakit Gigi Medis

Selain obat sakit gigi alami, ada juga obat sakit gigi medis yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter untuk mengobati sakit gigi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang biasa digunakan untuk obat sakit gigi. Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat tubuh memproduksi senyawa yang menyebabkan peradangan, sehingga pembengkakan, rasa sakit, atau demam akibat sakit gigi dapat berkurang.

Dosis umum ibuprofen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 200 mg setiap 4–6 jam sekali. Sebelum mengonsumsi ibuprofen, pastikan Anda sudah makan terlebih dahulu.

2. Naproxen

Naproxen juga merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang umum digunakan untuk mengobati sakit gigi. Sama seperti ibuprofen, naproxen bekerja dengan cara mengurangi produksi senyawa penyebab peradangan. Dengan begitu, nyeri akibat sakit gigi dapat berkurang.

Karena efek penghilang rasa sakit naproxen lebih tahan lama daripada ibuprofen, Anda tidak perlu mengonsumsi naproxen sesering ibuprofen. Dosis umum naproxen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 220 mg setiap 8–12 jam sekali. Ingat, jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat sakit gigi ini.

3. Paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen juga merupakan salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk meredakan sakit gigi, terlebih jika Anda memiliki alergi pada 2 obat di atas.

Dosis umum konsumsi paracetamol untuk orang dewasa adalah 1­–2 tablet 500 mg setiap 4–6 jam sekali. Anda bisa mengonsumsi paracetamol sebelum atau sesudah makan.

Beragam obat sakit gigi, baik yang alami maupun yang medis, bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri sebelum mendapatkan penanganan dari dokter gigi. Namun, jika menggunakan obat sakit gigi medis, patuhi dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasannya atau sesuai petunjuk dokter.

Obat sakit gigi di atas tidak dapat mengatasi masalah pada gigi Anda. Jadi, meskipun sakit gigi yang Anda rasakan sudah reda, tetap lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

sumber: alodokter.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar