Pesawat Antariksa Mars Milik UAE Diluncurkan Roket Jepang

Pesawat Antariksa Mars Milik UAE Diluncurkan Roket Jepang

Porospro.com - Roket H-IIA Jepang yang membawa pesawat luar angkasa United Arab Emirates Mars lepas landas sesuai jadwal pada Senin pagi. Ini merupakan misi antar planet pertama di dunia Arab, seperti dikutip Japantoday.

Orbiter dinamakan Amal atau Hope, meluncur dari Tanegashima Space Center di sebuah pulau kecil Jepang selatan. Sebelumnya misi ini dijadwalkan pada Rabu lalu, tetapi ditunda karena cuaca buruk di wilayah tersebut.

Mitsubishi Heavy Industries, penyedia roket H-IIA, mengumumkan peluncuran roket pada pukul 6:58 pagi.

Hope diharapkan mencapai Mars pada Februari 2021, tahun yang dirayakan United Arab Emirates (UAE) sebagai hari jadi ke-50 tahun sejak pembentukannya.

Emirates telah menetapkan rencana ambisius untuk ruang angkasa, termasuk berjanji untuk membangun pemukiman manusia pertama yang dapat dihuni di Mars pada tahun 2117.

UAE telah berhasil membangun program luar angkasa dengan bakat lokal yang bekerja di Mohammed bin Rashid Space Center di Dubai. Hope dibangun di sini oleh sebuah program yang bekerja sama dengan negara-negara lain.

UAE telah mengirim astronot pertamanya ke luar angkasa tahun lalu dalam misi delapan hari ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

"Ini mengirimkan pesan yang sangat kuat kepada pemuda Arab bahwa jika UAE dapat mencapai Mars dalam waktu kurang dari 50 tahun, mereka bisa melakukan lebih banyak lagi," Omran Sharaf, direktur proyek Emirates Mars Mission, mengatakan kepada The Associated Press, Minggu.

Dua misi Mars lainnya direncanakan dalam beberapa hari mendatang oleh AS dan China. Jepang memiliki misi bulan Mars sendiri yang direncanakan untuk tahun 2024.

Sumber: okezone.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar