Disdukcapil Dilibatkan Terkait Adanya Pemalsuan Administrasi

Disdukcapil Dilibatkan Terkait Adanya Pemalsuan Administrasi

Porospro.com - Masih membekas di ingatan, adanya komplotan pembuat administrasi kependudukan palsu yang beberapa waktu lalu diringkus oleh aparat kepolisian.

Empat pelaku itu pun memiliki peran berbeda-beda. Sejak diamankan, polisi masih mendalami kasus itu.

"Saat ini kami masih melakukan pendalaman atas terungkapnya kawanan pembuat administrasi palsu. Kami melibatkan ahli Disdukcapil untuk mengetahui mana saja data asli dan palsu," sebut Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu'min Wijaya melalui Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita.

Ambarita menambahkan, proses tersebut cukup memakan waktu. Sehingga, butuh ahli untuk bersama-sama dapat mengungkap.

"Namun begitu, setelah di crosscheck mereka bukan pegawai Disdukcapil," imbuhnya.

Disinggung adakah korban yang melapor atas tertipunya pembuatan KTP palsu, akta cerai dan akta lahir serta KK? Pamen berbunga melati satu menjawab belum.

"Belum ada korban lagi yang melapor. Meski begitu, jika ada yang merasa tertipu oleh tersangka yang berjumlah empat orang itu, agar melapor ke Polsek Tampan," ungkapnya.

Sebagai informasi, korban sudah mencapai ratusan. Aduan masyarakat pada 10 Juli 2020, terkait adanya salah satu orang yang membuat KTP palsu dengan harga Rp1.5 juta.

"Selanjutnya aduan didalami dan didapat satu orang YR dengan cara dipancing. Saat itu dirinya mengantar pada kami di pinggir jalan Subrantas pada 10 Juni pukul 20.00 WIB. Lalu dikembangkan didapat RZ sebagai pemberi NIK untuk KTP tersebut," ungkapnya. 

Dari kedua tersangka pun dikembangkan dan kembali berhasil mengamankan temannya.

"Kami amankan AF yang mencetak KTP tersebut. Selanjutnya didapat penyetok bahan yaitu AS pada 13 Juli," ulasnya. 

Beragam barang bukti yang dijadikan sebagai pencetak pun turut disita seperti mesin ketik, laptop, kertas HVS, KTP palsu, berbagai jenis handphone.

Sumber: riaupos.co

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar