Bikin Tubuh Tak Bugar di Pagi Hari, Ini 7 Kesalahan Sebelum Tidur

Bikin Tubuh Tak Bugar di Pagi Hari, Ini 7 Kesalahan Sebelum Tidur

Porospro.com - Tidur merupakan salah satu cara terpenting untuk mengisi energi di dalam tubuh yang sudah terkuras selama seharian. Namun, seringkali orang-orang melakukan kegiatan yang salah dan tidak disadari sebelum tidur, sehingga membuat mereka mengalami kesulitan tidur.

Michael Grandner, PhD, seorang instruktur psikiatri dan anggota Behavioral Sleep Medicine Programme di University of Pennsylvania, mengatakan bahwa ketika seseorang mengalami insomnia atau masalah tidur lainnya, kemungkinan bisa disebabkan karena kesalahan kegiatan yang dilakukannya sebelum tidur.

Berikut 7 kesalahan yang seharusnya tidak kamu lakukan sebelum tidur, yang dikutip dari laman Health:

1. Merokok

Banyak orang menganggap bahwa merokok pada malam hari adalah bagian terbaik untuk bersantai. Akan tetapi di dalam rokok terkandung nikotin yang dapat membuat insomnia, terutama untuk kamu yang melakukannya sebelum tidur. Nikotin juga memicu seseorang untuk bangun lebih awal dari biasanya di pagi hari.

2. Minum terlalu banyak air

Menjaga tubuh untuk terhindar dari dehidrasi memanglah penting. Akan tetapi minum terlalu banyak air pada malam hari, bisa membuatmu ingin buang air kecil terus-terusan. Akibatnya, waktu tidurmu menjadi terganggu. Solusinya, kamu bisa menyediakan segelas air di dalam kamar, sehingga ketika kamu merasa kehausan, minumlah secukupnya saja.

3. Minum kopi atau teh

Seperti yang kita ketahui, kopi dan teh memiliki kandungan kafein di dalamnya yang membuat kamu menjadi kesulitan tidur. Memang, kadar kafein yang dihasilkan teh tidak sebesar kopi. Akan tetapi sebagian besar kafein dari teh dilepaskan sejak awal proses penyeduhan. Jika kamu tetap ingin menikmati teh sebelum tidur, carilah teh herbal yang bebas kafein.

4. Konsumsi cokelat

Sumber kafein selain dari kopi dan teh, rupanya terdapat pada cokelat juga (terutama cokelat hitam). Cokelat mengandung stimulan theobromine yang terbukti dapat meningkatkan detak jantung dan sulit tidur.

5. Bermain smartphone

Robert Rosenberg, DO, penulis buku Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day, merekomendasikan untuk menghindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

"Cahaya biru yang dilepaskan oleh komputer, smartphone, tablet, dan TV mencegah produksi melatonin yang membantu tubuh menjadi mengantuk," katanya melalui Health.

6. Konsumsi makanan pedas atau berlemak

Makanan pedas dan berlemak sangat beresiko karena mengandung refluks asam yang dapat membuat seseorang mengalami kesulitan tidur.
Menurut Michael Grandner, waktu ideal makan malam setidaknya dilakukan dua jam sebelum tidur untuk memberi waktu yang cukup agar tubuh mampu mencernanya. Jika kamu terbiasa makan sebelum tidur, gantilah dengan kandungan karbohidrat yang sederhana atau segelas susu. Kamu juga tak perlu sembarangan ngemil karena bisa meningkatkan berat badan.

7. Keramas tanpa mengeringkan rambut

Keramas sebelum tidur tentunya membuat rambut menjadi basah. Hal ini berpotensi untuk membuat rambut menjadi kusut dan rusak. Tak hanya itu, rambut yang basah menyebabkan bantal menjadi lembab, sehingga merangsang pertumbuhan jamur.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar