Kini Sulit Dapat Pelanggan, Ini Curhat Tukang Tambal Ban Online

Kini Sulit Dapat Pelanggan, Ini Curhat Tukang Tambal Ban Online

Porospro.com - Pandemi virus Corona atau COVID-19 yang berkepanjangan ikut membuat omzet tukang tambal ban online anjlok. Pandemi COVID-19 membuatnya sulit mendapatkan pelanggan.

"Pendapatan turun 50 persen karena ada COVID. Biasanya dulu sehari bisa 15-20 sepeda motor, sekarang cari delapan motor saya sulit, " kata tukang tambal ban online Teguh Prayitno (45) saat ditemui detikcom di samping gedung DPRD Klaten Jalan Pemuda, Klaten, Kamis (12/8/2020).

Teguh yang merupakan warga Desa Nglinggi, Kecamatan Kebonarum, Klaten itu mengaku mengalami penurunan omset itu sejak berkurangnya aktivitas masyarakat. Terlebih saat sekolah libur tak ada lagi yang menggunakan jasanya.

"Sekolah pada tidak masuk, tidak ada anak sekolah dan guru juga tidak semua masuk. Yang kerja kantoran sekarang di rumah," jelas Teguh.

"Selama ini pelanggan di kantor dan sekolah. Kalau sekolah belum masuk dan bekerja di rumah bisa sepi terus," sambungnya.

Meski diakui sepi, Teguh mengaku tetap menekuni usahanya sebagai tambal ban online. Sebab usaha ini sudah 20 tahun dia jalani dan pekerjaan turun temurun.

"Saya sudah 20 bekerja begini, mau cari kerja lain sekarang susah. Ini juga warisan kakek saya Mbah Reso LG," terang Teguh.

Bapak tiga anak itu mengaku tidak menaikkan tarif tambal ban online miliknya meski sepi. Satu kali tambal ban tetap dihargai Rp 20 ribu-Rp 25 ribu.

"Untuk tarif masih sama dengan sebelum ada COVID. Tarif Rp 20 ribu-Rp 25 ribu per ban tetapi juga melihat jarak lokasinya," ucapnya.

Rute jangkauan tambal ban online miliknya meliputi wilayah Klaten. Dengan jam kerja 24 jam bisa dipesan melalui ponsel ataupun SMS.

"Kerja saya 24 jam jadi selama HP saya hidup saya siap datang. Paling jauh selama ini di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko dan Delanggu," ucap Teguh.

Sementara itu staf Bagian Lelang dan Pengadaan Pemkab Klaten, Puji Lestari mengatakan baru sekali memanfaatkan tambal ban online Teguh. Dirinya tahu dari rekannya.

"Baru sekali ini saya nambal ban online saya panggil lewat ponsel. Nomernya saya simpan barangkali ada apa apa di jalan tidak ada bengkel langsung bisa telpon," kata Puji pada detikcom.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar