Ini Cara Menghilangkan Bau Kaki Akibat Pakai Sepatu

Ini Cara Menghilangkan Bau Kaki Akibat Pakai Sepatu

Porospro.com - Kaki yang tertutup oleh sepatu hampir sepanjang hari bisa memicu kelembapan karena kurangnya udara yang masuk. Hal ini akan berdampak pada timbulnya bau kaki, membuat kepercayaan diri banyak orang menjadi berkurang.

Kaki memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat, sehingga dalam sehari dapat menghasilkan setengah liter keringat. Akan tetapi bukan keringat yang membuat kaki menjadi bau, melainkan bakteri yang hidup di kulit 'memakan' keringat kaki, sehingga menghasilkan asam isovaleric yang menyebabkan bau.

Faktor lain yang menyebabkan kaki bau adalah kurangnya menjaga kebersihan, aktivitas yang berlebihan, dan bahan sepatu yang terlalu tebal dan tertutup. Berikut cara menghilangkan bau kaki akibat pakai sepatu, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Gunakan kaos kaki berbahan katun

Kelenjar keringat di kaki lebih banyak dibandingkan pada bagian tubuh lain. Maka dari itu, penting untuk memastikan supaya kaki tidak terlalu berkeringat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kaus kaki. Pilih bahan kaus kaki yang lembut dan menyerap keringat dengan baik, seperti katun.

2. Sering mengganti sepatu

Jangan lupa juga untuk mengganti sepatu tiap 2 hari sekali. Jika satu sepatu dipakai terus setiap hari, keringat akan menjadi menumpuk dan lembap. Akibatnya, kaki akan terus menimbulkan bau tak sedap.

3. Rajin mencuci kaki dengan sabun

Basuh kaki setiap hari dengan menggunakan sabun antibakteri. Hal ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada kaki, sehingga dapat mengurangi produksi asam isovaleric. Selain sabun, bisa juga memakai bedak antibakteri, sehingga mengurangi kelembapan kaki.

4. Sering buka sepatu setiap ada kesempatan

Tips lain mencegah bau kaki adalah dengan dengan berusaha membuka sepatu setiap ada kesempatan. Ini memudahkan pertukaran udara, dengan begitu pertumbuhan bakteri dan jamur bisa dihindari karena lingkungan yang lembap.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar