Wanita Toraja yang Tinggal di Jerman Ini Punya Ladang Sayuran Indonesia

Wanita Toraja yang Tinggal di Jerman Ini Punya Ladang Sayuran Indonesia

Porospro.com - Wanita Indonesia yang bermukim di Jerman ini punya area ladang cukup luas. Ia menanaminya dengan sayuran yang kerap ditemui di Indonesia seperti pare hingga kacang panjang.

Nona Toraja adalah YouTuber Indonesia bernama asli Heriyanti (Ery). Ia menikahi pria Jerman dan tinggal di sana, tepatnya di kota Weinheim. Nona Toraja bahkan sudah dikaruniai dua buah hati yaitu Noah dan Nathan (Nona).

Lewat akun YouTubenya, Nona Toraja kerap memamerkan keseruan hidup di Jerman. Ia bisa memetik buah liar yang banyak tumbuh di sana seperti pir hingga apel merah di pinggir jalan. Selain itu, Nona Toraja ternyata hobi berkebun.

Ia bahkan punya ladang cukup luas untuk ditanami sayuran Indonesia. Dalam video berjudul "LADANG SAYURAN INDONESIA dI JERMAN", Nona Toraja dan rekan YouTubernya Esra (Miss Jasiek) memperlihatkan penampakan ladang tersebut.

"Aku mau kasih lihat apa aja ini isinya," kata Nona Toraja dengan logat Sulawesi yang masih kental. Pertama, ia menunjukkan tanaman pohon pisang yang jumlahnya ada 8. Meski belum tinggi menjulang, pohon pisang ini tumbuh dengan baik.

Berjalan sedikit, ada kacang panjang yang ukurannya sangat panjang. "Ini setengah meter ada ya?" kata Nona Toraja. Ia mengatakan tanaman ini cepat merambatnya sampai-sampai penyanggah kayunya goyah tak kuat menahan beban.

Lalu Nona Toraja menunjukkan tomat. "Aku dikasih orang Turki ini," jelasnya. Di sebelahnya juga ada buncis yang masa panennya sudah lewat. "Ini sudah beberapa kali panen. Ini bibitnya dari Toraja," katanya pada Miss Jasiek.

Uniknya, Nona Toraja juga menanam kangkung di ladang Jerman. Sayuran ini kelihatan tumbuh subur, bahkan daunnya berukuran lebih lebar dari yang biasa di Indonesia. "Supaya panen terus, kangkung itu jangan dicabut akarnya. Dia akan tumbuh lagi. Dipotong batang bawahnya saja," beber Nona Toraja.

Sambil keliling ladang, mereka juga mencicipi buah plum segar yang dipetik langsung dari pohon. "Ini juga ada apel ceper," jelas Nona Toraja. Disusul dengan pohon ceri yang tumbuh subur di dekatnya.

Tak perlu sulit mencari cabai di Jerman, Nona Toraja menanam sendiri bibit cabai Toraja di ladangnya. Miss Jasiek juga dibuat heran dengan banyaknya sayuran dan buah yang ditanam Nona Toraja.

Ia menemukan bayam merah, semangka, labu siam, raspberry, kol putih, kol merah, selada hijau, selada merah, pare, dan banyak lainnya. Beberapa kali ia mencoba buah segar langsung dari pohonnya.

"Di sini kayak kampung," kata Nona Toraja di akhir video. Apalagi kota Weinheim memiliki pemandangan gunung dan banyak area ladang. Video 'garden tour' ini sudah ditonton lebih dari 57 ribu kali.

Banyak netizen tertarik dengan ladang milik Nona Toraja. "Lihat kebunnya jadi ingat game Harvest moon hehehe suka banyak sekali isi kebunnya beraneka ragam sayur dan buah, subur2 ya...," komentar seorang netizen.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar