Ini Resep Nasi Goreng Cumi Hitam yang Gurih Mantap

Ini Resep Nasi Goreng Cumi Hitam yang Gurih Mantap

Porospro.com - Sekali-sekali bikin nasi goreng yang istimewa. Pakai cumi segar berikut tintanya nasi goreng ini rasanya gurih mantap. Apalagi dimakan selagi hangat.

Cumi-cumi yang dimasak dengan tintanya sudah lama dikenal orang Italia juga orang Indonesia. Tinta cumi yang berfungsi untuk mengelabui musuh cumi-cumi di dalam laut ternyata rasanya sangat gurih enak dengan aksen rasa mineral yang kuat.

Tinta cumi ini ada dalam kantong kecil berwarna perak di bagian bawah kepala cumi. Saat mencuci usahakan jangan merusak kantong cumi ini supaya saat dimasak tintanya bisa keluar. Saat mencuci, pisahkan kepala dan badan cumi.

Tinta cumi biasanya diolah sebagai pewarna alami pasta seperti ravioli, spaghetti atau fettucine. Selain ini juga sangat enak dimasak menjadi nasi goreng. Meski warnanya hitam dekil tetapi rasanya gurih mantap. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.

Nasi Goreng Cumi Hitam

Bahan:
500 g cumi-cumi sero yang segar
2 siung bawang putih, parut
2 sdt garam
3 sdm minyak sayur
3 butir bawang merah, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
6 buah udang sedang, kupas
1 sdt cabe merah bubuk
2 sdm kaldu jamur
1/2 sdt merica bubuk
400 g nasi putih dingin
Pelengkap:
Telur dadar, iris kasar
Bawang merah goreng
Daun bawang iris halus

Cara membuat:

• Cuci bersih cumi-cumi, buang tulang lunaknya dan biarkan kantung tintanya.
• Taruh cumi dalam pandi/wajan, beri bawang putih halus dan garam. Masak dengan api sedang hingga seluruh air cumi keluar dan cumi menjadi empuk. Jika perlu tambahkan air panas.
• Angkat cumi, dinginkan lalu iris kasar.
• Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi dan layu.
• Masukkan udang, aduk hingga kaku.
• Masukkan nasi putih, cumi berikut tintanya, kaldu jamur, merica lalu aduk-aduk hingga seluruhnya tercampur rata dan nasi menjadi kehitaman. Matikan api.
• Sajikan nasi goreng cumi dengan taburan terlur dadar, bawang merah goreng dan daun bawang iris.

Untuk 3 porsi

Tips:

• Untuk mendapatkan nasi goreng cumi hitam yang tidak anyir, pilih cumi yang benar-benar segar. Kulit luarnya berwarna putih bening, bukan keunguan.
• Beberpa penjual cumi merendam cumi dengan air garam sehingga kantung tintanya mengeras Sebaiknya beli cumi di penjual yang sudah terpercaya.
• Jika suka pedas, bisa ditambahkan irisan halus cabe rawit merah atau tambah jumlah cabe merah bubuk.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar